Turis Asing Rusak Patung Seniman Italia dari Abad ke-19: Polisi Gelar Penyelidikan, Bakal Dimintai Ganti Rugi
Villa Alceo dengan Patung Domina di halamannya. (Sumber: Facebook Villa Alceo)

Bagikan:

JAKARTA - Sekelompok turis muda Jerman yang berpose untuk difoto dan diunggah ke media sosial, diduga menjatuhkan patung air mancur abad ke-19 di sebuah vila di Italia utara, kata manajer vila tersebut.

Kejadiannya berlangsung awal bulan ini. Dua turis naik ke air mancur untuk memeluk patung "Domina" karya seniman Enrico Butti dan satu lagi mendorongnya dengan tongkat sebelum patung setinggi 1,70 meter itu jatuh ke tanah, kata Bruno Golferini, manajer Villa Alceo di Kota Viggiu, Italia, dilansir dari Reuters 20 Agustus.

Golferini mengatakan, dia telah melaporkan 17 orang turis yang menyewa vila tersebut ke kepolisian setempat. Kelompok turis itu sendiri telah meninggalkan Italia. Beruntung, peristiwa tersebut terekam kamera cctv.

"Ketika kami menyadarinya, semuanya sudah terlambat," kata Golferini kepada stasiun berita Italia TGCOM 24, seperti dikutip dari Euronews.

Patung itu berusia sekitar 150 tahun dan bernilai sekitar 200.000 euro, tambah Golferini, mengatakan akan sulit untuk memperbaikinya karena ada kerusakan tambahan pada ubin di air mancur.

"Domina bisa dibilang adalah wanita yang melindungi vila itu," ungkapnya.

"Sedihnya, ada orang-orang bodoh yang melakukan hal-hal seperti ini," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Transportasi Italia dalam unggahannya di Instagram mengatakan, "Daripada influencer, sebut saja mereka bodoh."

Sedangkan Francesca Caruso, anggota dewan kebudayaan wilayah Lombardy, mengatakan kepada Corriere della Sera, kelompok turis tersebut harus membayar kerugian yang ditimbulkan.

"Mereka yang merusak warisan seni dan budaya harus membayar mahal," tegasnya.

Diketahui, vila yang terletak di Italia utara ini adalah properti liburan mewah dan tempat pernikahan. Tarifnya mencapai 6.149 dolar AS per malam, seperti mengutip New Zealand Herald.

Sebelum peristiwa ini, warga Italia juga dibuat geram setelah seorang turis Inggris mencorat-coret dinding Colosseum di Roma dengan tulisan "Ivan + Hayley 23" pada Juni lalu.