Tinjau Lokasi Apel Siaga Pemenangan Pemilu 2024, Puan Berharap Mesin Partai Segera Bekerja Menangkan Ganjar
Ketua DPP PDIP Puan Maharani berbincang dengan bakal capres PDIP Gnajar Pranowo. (Antara)

Bagikan:

JATENG - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani berharap Apel Siaga Pemenangan Pemilu 2024 malam ini bakal menguatkan dan mengobarkan semangat seluruh kader dan struktur PDIP yang ada di Jawa Tengah (Jateng).

“Mesin partai akan segera bekerja dengan luar biasa untuk memenangkan PDI Perjuangan dan Mas Ganjar Pranowo," kata Puan usai mengecek persiapan akhir pelaksanaan Apel Siaga Konsolidasi Pemenangan Pileg dan Pilpres 2024 di Kota Semarang, Jumat 25 Agustus, disitat Antara.

Bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo yang juga hadir mengatakan hari ini konsolidasi seluruh kekuatan partai akan dilakukan dengan mengundang anggota DPR yang berasal dari Jateng.

"Hari ini kita akan mengkonsolidasikan seluruh kekuatan partai yang ada di Jawa Tengah. Kita undang anggota DPR RI yang dari Jawa Tengah, termasuk terima kasih tadi dari beberapa anggota DPR dari Fraksi PDIP di luar Jawa Tengah hadir juga," katanya.

Menurut Ganjar, konsolidasi itu tidak hanya untuk menguatkan dan mengobarkan semangat kader PDIP, tapi juga menunjukkan kesolidan dan kesiapan untuk hattrick kemenangan PDIP.

"Inilah yang mau kita tunjukkan bahwa kita solid dan siap menang hattrick dan semua bekerja," katanya.

PDIP bakal menghadirkan Proklamator KE-1 RI Sukarno secara virtual pada Apel Siaga Konsolidasi Pemenangan Pileg dan Pilpres 2024 yang dihadiri 33.000 kader PDIP di GOR Jatidiri, Kota Semarang, pada Jumat 25 Agustus malam.

Pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan pada 19 Oktober 2023 sampai dengan 25 November 2023.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.