Puan Maharani Dinilai Punya Kredibilitas, Berpengalaman dalam Pertarungan Politik
Puan Maharani bersama Megawati Soekarnoputri, Presiden Jokowi, dan Ganjar Pranowo di Istana Batu Tulis, Bogor, Jumat 21 April 2023. (Antara/Setpres/Agus Suparto)

Bagikan:

JAKARTA - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indostrategic Ahmad Khoirul Umam menilai Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani berpengalaman dalam pertarungan politik.

"Bagaimanapun, Puan telah memiliki kredibilitas pengalaman yang sangat memadai," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu.

Hal itu disampaikan Umam menanggapi keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menugaskan Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden 2024 langsung dibarengi dengan penunjukan Ketua Puan Maharani sebagai mandataris tim pemenangan.

Sebagai panglima tempur politik elektoral, Puan diminta segera membentuk tim guna menyukseskan PDI Perjuangan, baik dalam upaya pemenangan Pemilihan Presiden sekaligus Pemilu Legislatif 2024 mendatang.

Puan Maharani, kata Umam, memiliki pengalaman yang panjang di eksekutif, di legislatif. Kemudian, dari sisi pengalaman pertarungan politik, Puan dua kali memimpin pemenangan PDIP di pemilu 2014 dan 2019. Bahkan, Puan juga yang memimpin tim pemenangan Ganjar Pranowo di Pilkada Jawa Tengah sejak periode pertamanya.

TIdak hanya piawai dalam memimpin mesin partai dalam upaya-upaya politik elektoral, ia secara kapasitas juga punya kemampuan memimpin langsung dalam penugasan-penugasan jabatan publik, baik di legislatif maupun eksekutif.