Bagikan:

JAKARTA - Badai Tropis Hilary yang menerjang California menyebabkan banjir bandang di timur dan barat Los Angeles pada Hari Minggu, setelah sebelumnya melintasi Semenanjung Baja California di Meksiko dengan kekuatan mematikan.

Satu orang tewas di Meksiko akibat banjir bandang di semenanjung, di mana beberapa jalan tersapu dan gambar di media sosial menunjukkan aliran air yang deras mengalir ke jalan-jalan kota yang berubah menjadi sungai.

Gubernur California Gavin Newsom mengumumkan keadaan darurat untuk sebagian besar California Selatan, dengan peringatan banjir bandang berlaku hingga setidaknya Hari Senin di wilayah yang lebih terbiasa dengan kekeringan tersebut.

Badai tropis pertama yang melanda Los Angeles County sejak 1939 ini, memicu banjir di Pegunungan San Gabriel, sebelah timur kota dan wilayah pesisir di barat laut di Ventura County.

Sementara itu, San Bernardino County memerintahkan evakuasi sejumlah kota di pegunungan dan lembah tempat di mana terdapat semburan air, lumpur, batu dan pepohonan.

Di Wrightwood, California, sekitar 70 mil (112 km) timur laut Los Angeles, hujan menghanyutkan pepohonan dan lumpur ke bawah bukit di Ngarai Domba. Lebih jauh ke timur di Oak Glen, salah satu dari lima kota di San Bernardino County di bawah perintah evakuasi, air akibat banjir melemparkan pohon, lumpur dan batu ke udara.

Sedangkan di Ventura County yang berpenduduk lebih banyak, Layanan Cuaca Nasional memperingatkan tentang banjir yang mengancam jiwa, di mana curah hujan hingga 2 inci (5 cm) turun dalam waktu dua jam. Layanan cuaca melaporkan mobil terjebak di permukiman Spanish Hills, di mana dikatakan petugas pemadam kebakaran melakukan penyelamatan.

Gubernur Newsom yang tengah dalam tur ke California Selatan mengatakan, Palm Springs, tempat liburan gurun di Riverside County sekitar 100 mil (160 km) timur Los Angeles, kering ketika dia pergi pada Hari Minggu. Tetapi satu jam kemudian telah menerima "curah hujan paling signifikan" dalam sejarah Palm Springs, menyebabkan jalanan terendam.

"Begitulah cepatnya sistem ini bergerak. Jangan anggap remeh," kata Gubernur Newsom dalam jumpa pers di Los Angeles, mengatakan dia telah memberi tahu Presiden AS Joe Biden, melansir Reuters 21 Agustus.

Terpisah, badai hebat mengejutkan orang-orang di kota terdekat Rancho Mirage, di mana air dan puing-puing mengalir deras ke jalan yang tertutup. Satu truk pikap terdampar akibat terjebak banjir.

"Luar biasa. Saya belum pernah melihat yang seperti ini," kata Sean Julian (54) dari Rancho Mirage.

"Saya melihat lebih banyak pohon tumbang. Dan ada pohon besar yang baru saja tumbang di sana, dan saya mungkin seharusnya tidak berada di sini," tandasnya.

Akibat hal ini, ratusan penerbangan di San Diego, Las Vegas dan Los Angeles dibatalkan. Sementara, pertandingan olahraga profesional dijadwal ulang.