Hujan Deras Sebabkan Banjir dan Transportasi Terganggu, Wali Kota New York Umumkan Keadaan Darurat
Ilustrasi banjir. (Unsplash/@wadeaustinellis)

Bagikan:

JAKARTA - Walikota New York City, Amerika Serikat Bill de Blasio mengumumkan keadaan darurat pada Rabu malam waktu setempat, seiring dengan tingginya curah hujan yang disebutnya memecahkan rekor, menyebabkan banjir dan kondisi berbahaya di jalan.

"Tolong jangan keluar dari jalanan malam ini dan biarkan layanan reaksi cepat dan layanan darurat kami menyelesaikan pekerjaan mereka. Jika Anda berpikir untuk pergi keluar, jangan. Jauhi kereta bawah tanah. Jauhi jalan. Jangan mengemudi ke jalan yang terendam air. Tetap di dalam", katanya di Twitter, mengutip Reuters 2 September.

Hampir semua jalur kereta bawah tanah Kota New York dihentikan pada Rabu malam, karena sisa-sisa Badai Tropis Ida membawa hujan lebat dan ancaman banjir bandang dan tornado ke bagian utara Atlantik tengah, CNN melaporkan sebelumnya.

Semua kendaraan non-darurat dilarang dari jalan-jalan Kota New York sampai pukul 5 pagi (0900 GMT) pada Hari Kamis karena cuaca, kata otoritas kota di Twitter.

Sementara, setidaknya lima keadaan darurat banjir bandang dikeluarkan pada Rabu malam oleh National Weather Service, membentang dari barat Philadelphia melalui utara New Jersey.

Sebelumnya pada malam hari, Gubernur New Jersey Phil Murphy juga menyatakan keadaan darurat sebagai tanggapan atas Badai Tropis Ida.

Kerusakan akibat badai dari Ida mengejutkan para pejabat tiga hari setelah badai dahsyat menerjang Louisiana selatan, ketika penerbangan pengintaian mengungkapkan seluruh komunitas hancur oleh angin dan banjir.

Tornado yang ditimbulkan oleh badai menimbulkan kerusakan di Pennsylvania dan New Jersey, gambar di media sosial menunjukkan. Sedikitnya sembilan rumah hancur di Mullica Hill, New Jersey, stasiun televisi NBC10 Philadelphia melaporkan.

Bandara Newark Liberty New Jersey mengatakan di Twitter, mereka mengalami "banjir parah". Dikatakan, "melanjutkan operasi penerbangan terbatas" hampir tengah malam setelah semua aktivitas penerbangan ditangguhkan pada Rabu malam.

Kota New York juga mengalami banjir, dengan gambar media sosial yang menunjukkan air memancar di atas peron kereta bawah tanah dan kereta api. "Layanan kereta bawah tanah sangat terbatas karena banjir," sebut Otoritas Transit Metropolitan.

Layanan reaksi cepat mengevakuasi orang-orang dari sistem kereta bawah tanah, penjabat ketua dan CEO Metropolitan Transportation Authority (MTA), Janno Lieber, mengatakan dalam sebuah pernyataan.