Ribuan Personel TNI-Polri Kawal Sidang Tahunan MPR Hari Ini
Ilustrasi apel polisi (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2023 akan digelar Gedung Parlemen, Senayan, pada hari ini. Sebanyak 2.450 personel dikerahkan guna pengamanan kegiatan tersebut.

"Total 2.450 personel yang dikerahkan (pengamanan)," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya, Rabu, 16 Agustus.

Ribuan personel yang dikerahkan itu dengan rincian 2.211 anggota Polda Metro Jaya dan polres jajaran, 150 personel TNI, dan 89 anggota Pemerintah Daerah (Pemda).

Ketua MPR Bambang Soesatyo sebelumnya menyebut sidang tahunan MPR 2023 akan dihadiri oleh sekitar 1549 undangan.

"Rangkaian sidang tahunan MPR akan dilaksanakan dalam satu sesi bersama DPR dan DPD yang dihadiri oleh sekitar 1549 undangan. Di antaranya, hadir Presiden dan Wakil Presiden, mantan Presiden dan mantan Wakil Presiden, mantan Ketua MPR/DPR dan DPD, serta pemimpin lembaga negara lainnya. Selain itu, hadir pula semua anggota MPR dari DPR dan DPD, Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta pejabat setingkat menteri," jelas Bamsoet.

Agenda utama dari sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR/DPD Tahun 2023 adalah pidato Presiden Joko Widodo yang menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara. Selain itu, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-78.