Sidang dan Laporan Tahunan MPR akan Digelar Secara Daring
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan pimpinan MPR akan mempublikasikan laporan tahunan pimpinan lembaga negara kepada masyarakat secara daring. Hal itu akan dilakukan dalam Sidang Tahunan MPR RI pada 14 Agustus mendatang.

"Pimpinan MPR akan mempublikasikan laporan tahunan pimpinan lembaga negara kepada masyarakat. Kami akan gunakan teknologi yang sedang tren seperti Youtube, video streaming dengan format dibuat mobile," kata Bambang Soesatyo (Bamsoet) seperti dikutip dari Antara, Jumat, 7 Agustus.

Menurutnya penyampaian laporan tahunan yang dipublikasikan secara daring sudah umum dilakukan, terlebih di masa pandemi COVID-19. Tanpa mengurangi subtansi laporan kinerja lembaga negara bisa menyampaikan secara langsung kepada masyarakat.

"Setelah pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI, pihaknya akan mendatangi dan meminta pimpinan lembaga negara membacakan laporan kinerjanya untuk direkam. Rekaman inilah yang akan dipublikasikan secara daring oleh MPR RI," ujarnya.

Ditambahkan Bamsoet, hal serupa juga akan dilakukan Presiden dalam menyampaikan pidato kenegaraannya dalam Sidang Tahunan MPR. Pasalnya tidak memungkinkan tiap pimpinan lembaga negara menyampaikan laporan kinerjanya secara langsung dalam Sidang Tahunan MPR tersebut.

"Kami ingin pimpinan lembaga negara lain memberikan laporannya kepada masyarakat. Lembaga negara yang belum menyampaikan dalam Sidang Tahunan MPR akan disampaikan secara 'mobile'," katanya.

Persiapan Sidang Tahunan MPR (dok. Antara)

Dilakukan secara sederhana

Bambang Soesatyo, mengatakan Sidang Tahunan MPR pada 14 Agustus mendatang akan diselenggarakan secara sederhana karena situasi pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia.

"Sidang Tahunan MPR 2020 akan berlangsung sederhana sama dengan perayaan HUT RI pada tanggal 17 Agustus mendatang," imbuhnya. 

Ia menjelaskan rangkaian Sidang Tahunan akan dilaksanakan dalam dua tahapan pada pagi hari dan siang. Pagi hari dengan tuan rumah MPR adalah pidato presiden yang menyampaikan laporan kinerja lembaga negara. "Kemudian dilanjut dengan acara DPR."

Selain Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin, sejumlah pimpinan lembaga negara, panglima TNI, dan kepala Kepolisian Indonesia akan hadir dalam Sidang Tahunan MPR. Sementara pimpinan lembaga negara yang lain dan anggota fraksi-fraksi akan hadir secara virtual.