Bagikan:

YOGYAKARTA - Sosok Isyana Bagoes Oka tengah menjadi sorotan setelah dilantik menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSI. Oka diangkat menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat oleh Dea Tunggaesti yang memutuskan nonaktif. Lantas seperti apa profil Isyana Bagoes Oka.

Isyana Bagoes Oka diangkat menjadi Plt Sekjen PSI pada akhir Juli lalu. Isyana merupakan seorang politisi yang sebelumnya pernah berkarier di dunia jurnalistik di televisi. Ia juga pernah aktif di kompetisi kecantikan. Berikut ini profil dari Isyana Bagoes Oka. 

Profil Isyana Bagoes Oka

Ratu Ayu Isyana Bagoes Oka lahir pada 13 September 1980. Sebelum terjun ke dunia politik, Isyana lebih dulu berprofesi sebagai model. Ia kerap tampil meramaikan dunia televisi di Indonesia, sebagai presenter dan penyiar berita. 

Isyana Bagoes Oka lahir dari keluarga yang beda agama, yakni ayahnya beragama Hindu dan ibunya beragama Kristen Protestan. Dibesarkan dari keluarga yang berbeda latar belakang keyakinan, Isyana justru merasa bisa belajar banyak toleransi. 

Isyana telah berumah tangga menikah dengan George Albert Tulaar. gambaran bahwa Isyana mengenal Goerge sejak tahun 2001. Isyana dan suaminya sama-sama sosok model kenamaan. Isyana pernah menjadi finalis sekaligus meraih juara favorit dalam pemilihan Wajah Femina tahun 2000. Sementara George adalah finalis ajang Abang None tahun 2000. 

Meski menjalani pernikahan beda agama, impian asmara sebagai pasangan istri-suami Isyana dan George bisa terwujud dan bahagia. Hingga saat ini, Isyana tetap memegang kepercayaan beragama Hindu dan suaminya menganut agama Kristen Protestan. 

Perjalanan Karier Isyana Bagoes Oka

Isyana Bagus Oka menempuh pendidikan tinggi di Universitas Indonesia mengambil jurusan Hubungan Internasional. Setelah lulus, Isyana memulai karir di industri media atau televisi. Ia menjadi reporter di Trans TV selama satu tahun. Selanjutnya dirinya pindah ke TV7 menjadi pembawa acara berita sambil melakukan liputan. 

Pada tahun 2000, Isyana pernah mengikuti audisi atau kompetisi pemilihan Wajah Femina dan keluar sebagai juara favorit. Pada tahun 2007, Isyana masuk ke RCTI menjadi pembawa acara berita dan produser program berita Seputar Indonesia. Setelah keluar dari RCTI, ia menjadi presenter lepas mengisi talkshow berbagai televisi seperti Kompas TV, Metro TV, Sindo TV, hingga Fox Sports Asia.

Selama menjadi jurnalis, Isyana pernah mengemban sejumlah tugas penting baik dalam liputan kancah nasional maupun internasional. Ia pernah meliput Tsunami Aceh, Bom Bali II, hingga pemilihan Presiden Amerika Serikat tahun 2008 yang dimenangkan oleh Barack Obama. 

Isyana juga pernah bertugas sebagai wartawan istana kepresidenan pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sejumlah tokoh penting internasional pun pernah diwawancarai oleh Isyana, di antaranya Presiden AS George W. Bush, Menlu AS Hillary Clinton, pelatih kenamaan Pep Guardiola, hingga bintang bola seperti Robert Pires dan Cesc Fabregas. 

Sepak Terjang Politik Isyana Bagoes Oka

Isyana Bagoes Oka mulai menceburkan diri di dunia politik pada tahun 2014. Ia bersama beberapa anak muda seperti Grace Natalie dan Raja Juli Antoni menginisiasi terbentuknya Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

Pada tahun 2014, Isyana menjadi Ketua DPP PSI. Ia menggegerkan dunia politik karena terinspirasi dari almarhum neneknya yang pernah berperan sebagai anggota DPR dan anggota MPR untuk Utusan Golongan Hindu. 

Dalam pemilu tahun 2019, Isyana bergabung dengan Tim Kampnye Nasional (TKN) Jokowi - Ma'aruf Amin. Ia juga maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) dari PSI untuk daerah pemilihan Banten III yang meliputi Kab. Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Ia berhasil mendulang suara sebagai 10 teratas paling banyak. 

Demikian profil Isyana Bagoes Oka yang kini diangkat sebagai Plt Sekjen DPP PSI. Isyana mendudukan jabatan barunya tersebut karena menggantikan Dea Tunggaesti yang sedang tidak aktif. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.