'Tutup Sumurnya Masih Sementara, Belum Cukup Umur,' Respons Wagub Riza Tentang Terperosoknya Mobil Ketua DPP PSI
(Kendaraan politisi PSI, Isyana Bagoes Oka, terperosok di sumur resapan kawasan Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. @arnold5508)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menduga penutup sementara sumur resapan yang belum kuat menjadi penyebab kendaraan politisi PSI, Isyana Bagoes Oka, terperosok di kawasan Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

"Itu kan ada tutup-tutup (sumur) yang masih sementara sifatnya, belum permanen, mungkin belum kuat cukup umurnya, harusnya memang dijaga," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Kamis 9 Desember dikutip dari Antara.

Riza mengaku sudah menginformasikan hal tersebut kepada Dinas Sumber Daya Air untuk segera melakukan evaluasi kepada vendor atau kontraktor yang mengerjakan proyek sumur resapan itu.

Ia menegaskan kontraktor yang lalai dalam melakukan pekerjaan dan tidak sesuai prosedur akan diberi sanksi.

"Kontraktor yang bertugas harus memastikan pekerjaannya sesuai dengan spek yang ada prosedurnya, mekanisme aturannya, harus sesuai dan harus bertanggung jawab. Siapa saja yang melanggar akan diberi sanksi," kata Riza.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mengevaluasi pekerjaan para kontraktor drainase vertikal (sumur resapan) guna memastikan pengerjaannya sesuai standar.

Kemudian pada Minggu (5/12), Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memperbaiki sejumlah drainase vertikal (sumur resapan) di Jalan Lebak Bulus III, Cilandak, Jakarta Selatan, dengan membuat lubang tambahan di atas sumur resapan tersebut yang sebelumnya mengalami kerusakan.

Dinas SDA DKI melalui kontraktor membuat lubang air di lokasi sumur resapan yang sudah ditutupi aspal sehingga bisa menyerap air hujan ke dalam tanah.

Mobil milik Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka saat itu sedang dikendarai sopir seorang diri. Isyana tak berada di dalam mobil saat kejadian tersebut. Namun, menurut pengakuan sopir, saat itu mobil tengah melaju normal, bahkan dalam kecepatan rendah.

"Mobil sedang digunakan driver saya yang hendak membeli makan siang. Menurutnya, setelah membeli makan siang, dia melintas dengan kecepatan rendah, tiba-tiba roda kanan belakang mobil kejeblos proyek lubang peresapan air yang sudah selesai dikerjakan," tutur Isyana.

Saat itu, sang sopir meminta bantuan beberapa orang di sekitar lokasi untuk mengangkat mobil yang terperosok. Kemudian, lewat akun Twitternya, Isyana mengungkapkan terima kasih kepada salah satu warga yang telah menolong mobilnya.

Warga dengan akun @arnold5508 itu sempat juga mengunggah foto kondisi saat mobil Isyana terperosok ke lobang sumur resapan.