Bagikan:

JAKARTA - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) akan menggelar sidang tahunan 2024 dan sidang bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD) besok. Sebanyak 3.457 personel gabungan dikerahkan guna mengamankan sidang tahunan tersebut.

"Total gabungan personel pengamanan 3.457 personel," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada VOI, Kamis, 15 Agustus.

Ribuan personel yang dikerahkan dengan rincian 3.137 dari Polri, 223 personel dari TNI, dan 97 personel dari Pemerintah Daerah (Pemda).

Mengenai pola pengamanan, Ade menyebut ribuan personel itu akan disiagakan di sekitaran gedung MPR/DPR hingga Istana Negara.

"Pola Pengamanan dilakukan disekitar gedung DPR/MPR, Bunderan HI dan Patung Kuda," sebutnya.

"Selain itu, juga akan disiagakan di sekitaran istana serta pengamanan rute keberangakatan dan kembali Presiden dari Istana Negara-DPR MPR guna menciptakan Kamseltibcarlantas," sambung Ade.

Pada Sidang Tahunan 2024 Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato pertanggungjawaban terakhirnya. Diperkirakan akan ada 3.000 tamu undangan yang hadir pada Sidang Tahunan 2024.

Selain Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Sidang Bersama DPR-DPD yang masih dalam satu rangkaian dengan Sidang Tahunan MPR 2022 juga turut dihadiri sejumlah mantan presiden dan mantan wakil presiden. Kemudian hadir pula pimpinan lembaga negara, serta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju.