Ribuan Personel Gabungan Amankan Sidang Tahunan MPR
Pengalihan arus lalu lintas di sekitar gedung DPR/MPR (Antara Foto)

Bagikan:

JAKARTA - Ribuan personel gabungan TNI, Polri, dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta disiagakan di sekitar gedung DPR/MPR. Personel bersiaga untuk mengamankan Sidang Tahunan MPR.

"Ada 6.300 gabungan dari Polda, Polres, TNI dan Pemda," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, Jumat, 14 Agustus.

Ribuan personel gabungan ditempatkan di beberapa titik. Mereka bakal mengawasi atau menjaga jika ada massa yang berencana menggelar aksi di sekitaran gedung DPR/MPR.

Antisipasi pengamanan juga dilakukan pada sisi lalu lintas. Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebut, skema pengalihan arus lalu lintas sudah dipersiapkan. Tetapi, hanya akan diberlakukan jika situasi dan kondisi dianggap perlu diterapkan.

"Rekayasa arus lalu lintas besok di sekitar Gedung DPR/MPR sifatnya situasional," katanya.

Sambodo juga menyampaikan, skema rekayasa arus lalu lintas di sekitar Gedung DPR/MPR RI pada Jumat, 14 Agustus, antara lain:

1. Arus lalu lintas dari Jl. Gatot Subroto arah Gedung DPR/MPR RI dibelokkan ke kiri ke Jl. Gerbang Pemuda.

2. Arus lalu lintas dari Jl. Gerbang Pemuda arah Jl. Gatot Subroto diputar balik di bawah jalan layang Farmasi ke dari Jl. Gerbang Pemuda.

3. Arus lalu lintas dari tol dalam kota yg akan keluar di off-ramp Pulo Dua akan diluruskan ke arah Tol Tomang.

4. Arus lalu lintas dari Jl. Palmerah Timur arah Jl. Gelora diluruskan ke Jl. Tentara Pelajar.

5. Arus lalu lintas dari Jl. Asia Afrika arah Jl. Gelora dibelokkan ke kanan ke Jl. Gerbang Pemuda.

6. Arus lalu lintas dari Jl. Gerbang Pemuda arah Jl. Gelora dibelokkan ke kiri Jl. Asia Afrika.

Sidang Tahunan MPR yang digelar bersamaan dengan Sidang Bersama DPR dan DPD, serta pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam menyampaikan RAPBN 2021.

Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD akan dimulai pukul 09.00-11.00 WIB, lalu dilanjutkan dengan pidato nota keuangan pemerintah dalam rangka RAPBN 2021 mulai pukul 14.00-16.00 WIB.

Sidang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" dan dilanjutkan dengan pembukaan Sidang Tahunan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Kemudian, dilanjutkan dengan Sidang Bersama DPR dan DPD yang akan dibuka oleh Ketua DPR Puan Maharani.