Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Anwar Iskandar mendapat sorotan setelah ia ditunjuk sebagai ketua umum (ketum) Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang baru. Anwar Iskandar menggantikan ketum MUI sebelumnya, KH. Miftachul Akhyar yang telah mengundurkan diri.

"Pleno menyepakati bahwa KH Anwar Iskandar yang ditunjuk sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar," demikian cuplikan keterangan resmi yangd dikutip dari website MUI, Selasa, 15 Agustus.

Profil Anwar Iskandar

Dikutip dari situs NU Online dan dari beberapa sumber, KH. Anwar Iskandar adalah salah satu ulama Nahdlatur Ulama (NU) asal Banyuwangi, Jawa Timur. Ia merupakan sosok kiai senior NU yang punya kapasitas mumpuni di bidang keulamaan dan kemasyarakatan.

Ulama kharismatik tersebut lahir pada 24 April 1950 di Desa Berasan, Kecamatan Muncar, Banyuwangi. Ia merupakan keturunan dari KH. Iskandar (Askandar), ulama sekaligus pendiri sekaligus pengasuh pondok pesantren “Mambaul Ulum” Berasan, Muncar, Banyuwangi.

Sebagai seorang putra kiai, KH Anwar Iskandar sempat belajar dan mengaji di ponpes yang diasuh oleh ayahnya sendiri. Selain itu ia juga sempat mengeyam pendidikan keagamaan di Ponpes Lirboyo Kediri tahun 1967. Selang  3 tahun, KH Anwar Iskandar kemudian berangkat ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikan S1 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengambil konsentrasi Sastra Arab.

Di lingkungan NU, KH Anwar Iskandar sempat memimpin salah satu organisasi kepemudaan yakni Gerakan Pemuda Ansor (ketua GP Ansor) cabang kotamadya Kediri. Kepemimpinannya dimulai pada tahun 1975 dan bertahan selama 8 tahun.

Selain itu KH Anwar Iskandar juga sempat menjabat sebagai ketua Dewan Syuro (PKB) wilayah Jawa Timur. Ia juga sempat menjabat sebagai anggota MPR dari Jawa Timur. Terakhir, KH Anwar Iskandar merupakan Wakil Rais Aam PBNU untuk periode 2021-2026.

KH Anwar Iskandar Jadi Ketum MUI

Penetapan KH Anwar Iskandar ditetapkan sebagai Ketum MUI melalui rapat pleno yang digelar MUI di Hotel Bidakara Jakarta pada Selasa, 15 Agustus 2023. Dalam rapat tersebut turut hadir Dewan Pimpinan MUI, ketua dan sekretaris komisi, badan, dan lembaga MUI.

Dalam ketetapan tersebut, KH Anwar Iskandar disahkan sebagai Ketum MUI lewat rapat paripurna dengan dipimpin langsung oleh KH Maruf Amin sebagai sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI. Ke depannya, KH Anwar Iskandar akan melanjutkan kepemimpinan KH Miftachul Akhyar sampai 2025.

Itulah informasi tentang profil Anwar Iskandar. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.