Menag: Siapa pun yang Terlibat Terorisme Harus Ditindak Sesuai Hukum
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas/ANTARA/Sean Filo Muhamad

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan siapa saja yang terlibat dalam praktik terorisme harus ditindak sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

"Mau BUMN, mau bukan, kalau dia terlibat praktik terorisme harus ditindak sesuai hukum yang berlaku," tegasnya dilansir ANTARA, Selasa, 15 Agustus.

Terkait adanya karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditangkap akibat dugaan praktik terorisme, Menag Yaqut mengatakan dirinya akan berbicara kepada Menteri BUMN Erick Thohir untuk memastikan kejadian tak berulang. 

Untuk mencegah hal tersebut terjadi di Kemenag, Menag menyebutkan pihaknya memiliki strategi khusus sebagai upaya pencegahan adanya praktik terorisme di lingkungan Kemenag. 

"Kita ini punya program prioritas namanya moderasi beragama. Bagaimana orang berfikir moderat, tak terlalu ke kanan dan ke kiri," ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Biro Kepegawaian, Sekretariat Jenderal (Sekjen) Kemenag Nurudin menjelaskan terkait hal tersebut. 

Dalam rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), kata dia, pihaknya telah mengusulkan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) untuk memasukkan muatan moderasi beragama dalam ujian masuknya sebagai prioritas.

"Bobotnya 40 persen untuk CASN, dan itu sudah ada," tutur Nurudin

Nurudin menyebutkan hal tersebut merupakan langkah-langkah strategis untuk menghadirkan ASN yang ideologinya sama dengan ideologi bangsa, serta dapat mencegah potensi-potensi intoleransi atau radikalisme di kalangan ASN.

Dia berharap agar para ASN, terutama di lingkungan Kemenag tidak terlibat dalam praktik terorisme, karena sudah menjalankan program prioritas berupa ujian moderasi beragama.

"Jadi istilah saya kalau ASN baik, maka insyaallah persoalan republik ini akan terselesaikan dengan baik," kata Nurudin.