Usai Penggerebekan di Yayasan Peduli Kemanusiaan, Kediaman Pratiwi Novi Terlihat Seperti Rumah Kosong
Kediaman Pratiwi Novi di kawasan Karang Tengah, Kota Tangerang/ Foto: Jehan/ VOI

Bagikan:

JAKARTA – Peristiwa pengambilan balita sebagai anak asuh di Yayasan Peduli Kemanusiaan milik Pratiwi Noviyanthi viral di media sosial menjadi perbincangan hangat di media sosial. Banyak netizen yang menyesalkan aksi pengambilan balita yang dilakukan Dinas Sosial Tangerang beberapa hari lalu.

Tim VOI berusaha menghubungi pemilik Yayasan Peduli Kemanusiaan, Pratiwi Noviyanthi untuk mencari informasi lebih dalam mengenai peristiwa tersebut, namun sayang tidak ada respon.

Tak selesai disitu, Tim VOI mendatangi kediaman Pratiwi di sebuah klaster kawasan Karang Tengah, Kota Tangerang, Jumat, 4 Agustus, pukul 14.31 WIB.

Berdasarkan pantauan, nampak sebuah bangunan bagus terkesan mewah. Bangunan itu dikabarkan yang menjadi domisili Yayasan Peduli Kemanusian milik Pratiwi, yang juga seorang selebgram.

Siang itu lingkungan klaster terlihat sangat sepi. Terlebih di rumah Pratiwi. Tidak ada aktivitas di dalam bangunan berlantai dua tersebut. Lampu-lampu rumah terlihat menyala meski di siang hari.

Tidak terlihat spanduk atau pelang yang menunjukkan rumah tersebut adalah Yayasan Peduli Kemanusian. Hanya terlihat alas kaki dan tempat jemuran di halaman rumah tersebut.

Anang (38) selaku pekerja bangunan mengatakan bila rumah yang ditempati Pratiwi Noviyanthi sudah sepi sejak penggerebekan Dinsos Kota Tangerang pada Selasa, 1 Agustus, lalu.

“Kayaknya enggak ada orang sama sekali, mba-mba juga engga,” kata Anang saat ditemui di lokasi, Jumat, 4 Agustus.

Anang mengaku baru mengetahui tempat yang ditempati Prawiti ternyata yayasan. Kata Anang, Pratiwi menempati klaster sudah berjalan 2 bulan.

“Saya ada kejadian kemarin juga baru tahu. Baru 2 bulan ini, serah terima. Baru jadi 2 bulan yang lalu. (Di klaster ini) Engga boleh ada bentuk usaha apapun,” ucapnya.

Pratiwi Noviyanthi merupakan mantan pramugari. Dia disebut sebagai kepala Yayasan Peduli Kemanusiaan yang merawat sejumlah balita dari para orang tua yang mengalami kesulitan dan gangguan jiwa.

Pratiwi juga seorang perempuan yang aktif di media sosial seperti Instagram dan Youtube. Aksi pengambilan balita yang dilakukan Dinsos Tangerang ramai di media sosial setelah Pratiwi menceritakan apa yang dialaminya. Konten berupa video berisi curhatan Pratiwi akhirnya viral di media sosial hingga netizen pun simpati terhadap Pratiwi.

Dinas Sosial Kota Tangerang mengambil paksa balita-balita yang diasuh Pratiwi bersama anggota kepolisian.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang, Mulyani menyebut bila Yayasan Rumah Peduli Kemanusian milik selebgram Pratiwi Noviyanthi belum terdaftar.

“Belum mendaftarkan, nanti tergantung dia mau mendaftarkan di Dinsos mana sesuai alamat dia,” kata Mulyani saat dikonfirmasi, Kamis, 3 Agustus.