Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kota Jakarta Pusat segera menempatkan sejumlah kabel optik yang masih melintang di udara ke dalam manhole bawah tanah. Hal itu dilakukan agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat umum.

"Kabel - kabel yang sebagai penunjang infrastruktur tentu yang bagus itu kita ingin mengalokasikan ke dalam satu manhole, dalam satu koridor SUJT. Supaya nanti pemanfaatan tidak mengganggu aktivitas secara umum," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma kepada VOI, Jumat, 4 Agustus.

Untuk mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan, dalam waktu dekat Pemerintah Kota Jakarta Pusat akan merapihkan dengan cara mengikat kabel.

"Nanti kalau ada kabel yang menjuntai, untuk jangka pendeknya kita akan mencoba rapihkan. Jangka panjangnya kita akan membuat ducting dalam satu lokasi," ujarnya.

Dhany menjelaskan, sejatinya keberadaan ducting sudah terdapat di beberapa tempat di Jakarta Pusat. Upaya mengantisipasi itu telah dilakukan.

"Sebenarnya sudah ada beberapa tempat di Jakarta Pusat yang sudah berjalan. Tinggal nanti kita kembangkan sesuai dengan target yang sudah disiapkan oleh Dinas Bina Marga," ujarnya.

"Biasanya kita kalau ada yang terkelupas dan lepas atau ada masukan aduan biasanya kita langsung tindak lanjuti. Ini kerjasama yang baik untuk saling mengingatkan," imbuhnya.