Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI kembali menawarkan puluhan proyek pembangunan di Jakarta kepada calon-calon investor dalam Jakarta Investment Forum (JIF) pada tahun 2023.

Sementara, dalam proyek pembangunan yang ditawarkan pada tahun 2022, hingga kini belum ada yang mencapai kesepakatan perjanjian kerja sama dengan calon investornya.

Namun, Head of Jakarta Investment Center Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta Tona Hutaruk mengklaim sampai saat ini lobi-lobi demi menjalin kerja sama investasi proyek di Jakarta yang ditawarkan pada 2022 terus berlangsung.

"Kalau patokannya dari tahun lalu sampai tahun ini, yang closure keliatannya memang belum ada, tapi yang berproses terus negosiasi dengan para teman-teman kita di BUMD ini sudah cukup banyak," kata Tona dalam acara JIF 2023 di Jakarta Pusat, Kamis, 3 Agustus.

Pada tahun lalu, Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Anies Baswedan saat masih menjabat Gubernur DKI menawarkan 15 proyek pembangunan dan pengadaan dengan total nilai investasi Rp280 triliun.

Kelima belas proyek tersebut di antaranya ITF Sunter, LRT Jakarta Fase 2A, LRT Jakarta Fase 3A, MRT Jakarta Fase 3, MRT Jakarta Fase 4, South Jakarta Mix-Used Development, bus listrik TransJakarta, stasiun pengisian baterai, eco resort dan eco theme park Pulau Seribu, wisata medis bagi lansia, landmark Jakarta, sentra primer Tanah Abang, PLTS Atap, instalasi limbah berbahaya dan beracun (B3), hingga JIEP Masterplan Inc. Plot 4 Project.

Tona menegaskan, umpan balik dari calon investor sebenarnya cukup banyak. Namun, demi mewujudkan kesepakatan kerja sama, perlu ada proses lelang, negosiasi, dan hingga pembangunan yang panjang.

"Saya harus akui saja, proses sampe terjadinya beneran closure itu panjang, tapi kan promosi-promosi seperti ini tetap harus dilakukan. Setidaknya pemerintah coba jemput bola. Kita yang datang, kita yang approach," jelasnya.

Pada tahun ini, JIF mengusung tema "Global City and Beyond". Tema ini sejakan dengan semangat Jakarta untuk memperkuat posisinya sebagai kota global usai tak lagi menyandang status Ibu Kota RI. Pada tahun ini, terdapat 21 proyek yang ditawarkan dengan total nilai investasi Rp300 triliun.

Adapun proyek-proyek yang ditawarkan pada calon investor di JIF 2023 adalah:

1. Fatmawati Extended Concourse

2. Bundaran HI Extended Concourse

3. Dukuh Atas Pedestrian Deck

4. Fatmawati Mixed Use

5. Blok M Mixed Use

6. LOT A Ancol Residential Development

7. LOT B Ancol Mixed Use Development

8. New Marina Ancol

9. Putri Duyung Resort

10.East Ancol Mixed Use Development

11.West Ancol Mixed Use Development

12.Ancol Hotel

13.Ecopark Mixed Use Development

14.Depo LRT Development

15.LRT Jakarta Phase 2A-2B

16.BRT Transjakarta Shelter

17.JIEP Lot 4 Project

18.Pedestrian Shelter Redevelopment

19.Medical & Biomedical Waste Facilities

20.Regional Waste Processing Facilities

21.Green Shelter Electricity