Penjual 89 Gram Sabu Divonis 12 Tahun Penjara di PN Medan
Hakim ketua Sarma Siregar (tengah) membacakan amar putusan di Pengadilan Negeri Medan, Sumatera Utara, Senin (31/7/2023). (ANTARA/M Sahbainy Nasution)

Bagikan:

MEDAN - Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Medan memvonis terdakwa Sumijan alias Mijan asal Langkat selama 12 tahun penjara dalam perkara menjual narkotika jenis sabu seberat 89,15 gram dan 1.000 butir Psikotropika jenis Erimin-5 atau Happy Five.

"Menjatuhkan terdakwa Sumijan alias Mijan dengan hukuman 12 tahun penjara, selain itu dikenakan denda Rp1 miliar subsider enam bulan kurungan," ujar Hakim ketua Sarma Siregar di PN Medan dilansir ANTARA, Senin, 31 Juli.

Majelis hakim dalam amar putusan menyatakan dari fakta-fakta persidangan terdakwa Sumijan alias Mijan diyakini terbukti bersalah yang melanggar Pasal 112 ayat (2) UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan Pasal 62 UU RI No 5 tahun 1997 tentang Psikotropika.

"Hal yang memberatkan terdakwa Sumijan tidak mendukung program pemerintah atas pemberantasan narkoba, sementara hal yang meringankan menyesali perbuatan dan bersikap sopan di persidangan," ucap Sarma.

Setelah membacakan amar putusan, jaksa penuntut umum (JPU) dan penasihat hukum (PH) terdakwa menyatakan pikir-pikir terkait putusan.

Putusan majelis hakim sama dengan tuntutan jaksa. Sebelumnya dalam dakwaan, JPU dari Kejati Sumut Erning Kosasih mengatakan pada 30 Maret 2023 terdakwa dihubungi oleh Dian alias Uncu (dalam lidik) untuk mengambil narkotika jenis sabu-sabu dan pil happy five.

Selanjutnya kata Erning Kosasi mengatakan terdakwa menerima barang haram tersebut kepada Dian sebanyak 1.000 butir pil happy hive dua kg sabu untuk dihantarkan ke Marelan.

Kemudian terdakwa disuruh kembali oleh Dian untuk mengantarkan dua kilogram ke Desa Kelambir V, Deli Serdang, sisanya dibagikan untuk dijual paket-paket kecil. "Barang tersebut sudah dijual oleh terdakwa," ucap Erning.

Singkatnya pada 14 April 2023, petugas Direktorat Narkoba Polda Sumut mendapatkan informasi bahwasanya ada peredaran narkoba di Jalan Mandor Hasyim Desa, Sungai Baharu Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang.

Kemudian petugas menangkap terdakwa dengan barang bukti dengan total brutto 89,15 gram dan 1.000 butir Psikotropika jenis Erimin-5 atau Happy Five.