Jelang KTT ASEAN, 1600 Petugas Gabungan Bersihkan Trotoar dan Fasum di Jalur Protokol Jakarta Pusat
Petugas membersihkan ruas jalan di kawasan Jakarta Pusat/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 1600 petugas gabungan Pemkot Jakarta Pusat membersihkan sejumlah fasilitas umum seperti trotoar, kanstin dan sejumlah ruas jalan protokol yang berada di 8 titik di Jakarta Pusat pada Jumat, 28 Juli, malam.

Pembersihan fasilitas umum trotoar jalan itu dilakukan menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN.

"Kegiatan malam ini membersihkan trotoar, kebetulan setelah HUT Kota Jakarta kita bebersih, kita juga akan menyambut kembali HUT RI. Setelah itu, kita juga menjadi tuan rumah pertemuan Gubernur dan Walikota se-Asean. Otomatis, pembersihan dan perapihan ini harus lebih kita tingkatkan kembali," kata Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma kepada VOI di kawasan Bundaran HI, Menteng, Jumat, 28 Juli, malam.

Dhany menjelaskan, tujuan kegiatan pembersihan ini untuk memperindah kota Jakarta dan memberikan rasa nyaman serta aman di ibukota.

"Ini kegiatan serentak di 8 kecamatan. Masing-masing kecamatan melibatkan 200 personel, jadi kalau di total ada 1600 personel yang tersebar di tiap kecamatan. Malam ini kita bergerak semua," ujarnya.

Berdasarkan pantauan VOI di lokasi, petugas PPSU, Bina Marga dan Lingkungan Hidup bahu membahu membersihkan trotoar jalan. Petugas membersihkan dengan menyemprotkan air yang dilakukan oleh petugas Gulkarmat menggunakan mobil tangki air.

Sementara petugas PPSU melakukan penyikatan trotoar menggunakan cairan pembersih lantai. Selanjutnya, proses pengeringan trotoar dilakukan oleh petugas dari Sudin Bina Marga Jakarta Pusat.

Sementara Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Pemkot Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting menambahkan, selain membersihkan trotoar jalan, tim gabungan juga membersihkan sejumlah stick cone jalur sepeda yang ada di jalur protokol.

"Kita juga membersihkan stick cone, mengecek kebersihan sampah dan lainnya. Tentunya sudah dibagi persegmen (proses pembersihan), supaya kita memastikan area ini bersih," tambahnya.