Jelang KTT ASEAN, Jalur Sudirman-Thamrin Akan Disterilkan dari PPKS
Persiapan jelang KTT ASEAN (Foto: Rizky Sulistio/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kota Jakarta Pusat memastikan kawasan jalur protokol di Jalan Sudirman - Thamrin akan steril dari sejumlah aktivitas yang melanggar ketertiban umum menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023.

"Kita rapikan. Seperti di Jalan Sudirman - Thamrin kan memang harus clear and clean. Kita harus bebas dari aktivitas yang tidak semestinya, makanya kita lakukan penataan kembali. Termasuk penjangkauan PPKS," kata Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma di kawasan Bundaran HI, Menteng, Jumat, 28 Juli, malam.

Aktivitas yang tidak semestinya ada di jalur protokol tersebut merupakan para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) seperti gelandangan, pengamen, ODGJ hingga wanita pengemis yang memanfaatkan anak-anak dibawah umur untuk mengais rejeki.

"Termasuk PPKS, kita lakukan penjangkauan PPKS terutama bagi ibu - ibu yang memperkerjakan anak. Ini yang menjadi prioritas utama," ujarnya.

Dhany menegaskan, pihaknya sangat mengedepankan perihal sisi kemanusiaan bagi para PPKS yang masih terlantar di jalanan.

"Kalau dibilang kemanusiaan, kita ya memang adanya di situ. Lebih tidak berkemanusiaan kalau kita diamkan (keberadaan PPKS). Karena mereka akan tumbuh berkembang menjadi dewasa, jangan sampai dia hidup di jalan yang sangat rentan dengan kesehatan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 1600 petugas gabungan Pemkot Jakarta Pusat membersihkan sejumlah fasilitas umum seperti trotoar, kanstin dan sejumlah ruas jalan protokol yang berada di 8 titik di Jakarta Pusat pada Jumat, 28 Juli, malam.

Pembersihan fasilitas umum trotoar jalan itu dilakukan menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN.