Bagikan:

JAKARTA - Polda Metro Jaya bakal kembali menerapkan rekayasa lalu lintas pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-43 di Jakarta Convention Center (JCC), hari kedua. Ada tiga ruas jalan yang akan disterilkan terkait kegiatan internasional tersebut.

"Kita ada 3 sektor, sektor Senayan, sektor Bundaran HI, dan sektor dari pada Kuningan, itu nanti jalan Rasuna Said,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Selasa, 5 September.

Penerapan rekayasa lalu lintas di tiga kawasan itu akan dimulai pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Latif merinci, dalam skema pegalihan arus yang nantinya diterapkan, ruas Jalan MH Thamrin-Jalan Sudirman akan disterilkan mulai dari Bundaran Patung Kuda hingga Bundaran Senayan.

“Jalur Sudirman betul-betul untuk sementara prioritas untuk tamu negara. Begitu juga yang ada di Bundaran Senayan. Orang yang dari Antasari akan kita belokkan ke kiri untuk masuk lewat Pakubowono. Pakubuwono sampai masuk ke Permata Hijau. Permata Hijau lurus lewat Slipi maupun lewat Tomang silakan untuk sampai pusat kota,” paparnya.

Ruas Jalan HR Rasuna Said juga diberlakukan sterilisasi baik dari arah Mampang ataupun sebaliknya. Sebab, para delegasi dan tamu negara akan melintasi ruas jalan tersebut.

“Untuk di Kuningan, tidak ada yang boleh masuk ke Rasuna Said, karena ada tamu negara yang akan melewati jalan tersebut. Sehingga yang sudah masuk lewat dari Pancoran ke Kuningan akan kita belokkan ke kiri,” ungkap Latif.

“Begitu juga arah yang dari Tendean, yang biasanya lewat terowongan akan kita belokan ke kanan maupun ke kiri. Jadi diharapkan untuk tidak sampai dengan Semanggi. Karena semuanya harus muter, yang memang agak jauh sedikit,” sambungnya.

Selanjutnya ruas Jalan Gatot Subroto mulai dari Traffic Light Kuningan hingga Traffic Light Slipi.

Pada skema di ruas jalan itu, kendaraan roda empat dari arah Cawang yang menuju arah Slipi akan diarahkan untuk masuk Jalan Tol. Sementara untuk kendaraan roda dua akan diarahkan belok ke kiri arah Mampang.

Sedangkan untuk kendaraan yang dari arah Pasar Minggu menuju Jalan Gatot Subroto akan diluruskan menuju Tebet.

“Sehingga arah arus yang dari Timur, Cawang, dari Bekasi, untuk Kendaraan roda empat akan kita masukkan lewat Tebet 1 untuk masuk tol agar tidak masuk ke Kuningan. Untuk roda dua, yang akan menuju kegiatan di daerah Kota, yang dari Pasar Minggu akan kita luruskan lewat Tebet. Untuk roda empat akan kita masukkan ke tol,” kata Latif.