Ada KTT ASEAN, CFD di Sudirman-Thamrin 3 September Ditiadakan
Ilustrasi warga berpeda saat kegiatan Car Free Day atau CFD di Jakarta. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta meniadakan kegiatan car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di kawasan Sudirman-Thamrin pada Minggu, 3 September 2023.

Peniadaan CFD di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin berlaku sehubungan adanya side event Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN sejak tanggal 2 September.

"Informasi tanggal 3 September, pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor ditiadakan karena kegiatan side event KTT akan difokuskan di kawasan Sudirman-Thamrin," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI, Rabu, 23 Agustus.

Mengingat terdapat kegiatan pertemuan bisnis antara tamu delegasi negara dalam rangkaian KTT ASEAN di kawasan Sudirman-Thamrin, masyarakat diminta untuk berolahraga di kawasan lain.

"Masyarakat diminta untuk tidak melaksanakan aktivitas olahraga pada 3 September di jalan Sudirman-Thamrin. Silakan beropahraga di taman-taman atau jalan-jalan lingkungan di kawasan masing-masing," ungkap Syafrin.

Selain itu, Pemprov DKI bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga melakukan rekayasa lalu lintas secara situasional pada sejumlah ruas jalan yang menjadi rute perjalanan delegasi selama rangkaian acara KTT ke-43 ASEAN.

Khusus pada 6 September 2023, dilakukan penutupan Jalan Jenderal Sudirman di kedua adah dari Segmen Patung Pemuda Membangun sampai Simpang Susun Semanggi. Penutupan jalan ini berlaku mulai pukul 18.00 hingga 22.00 WIB.

"Jadi kami mengimbau masyarakat untuk tidak melaksanakan kegiatan di area tersebut dan kalau ada untuk menyediakan angkutan umum," ungkap Syafrin.

Namun, Syafrin menegaskan layanan angkutan umum Transjakarta dan MRT Jakarta di sepanjang rute lintasan delegasi KTT ASEAN tetap beroperasi normal.

"Untuk Pelayanan MRT akan ditambah jadwal perjalanan demikian pula Transjakarta ini beroperasi sebagaimana biasanya. Jadi, tidak ada pengalihan arus untuk Transjakarta untuk tanggal 5-7 September masih di sekitar GBK pelaksanaan kegiatan," imbuhnya.