27 Ribu Orang Ikut CFD di Sudirman-Thamrin Minggu Kemarin, Sayangnya Banyak Tak Scan QR PeduliLindungi
Kegiatan Car Free Day di Jakarta (Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengeluarkan hasil evaluasi pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di sepanjang jalan Jenderal Sudirman hingga M.H. Thamrin pada Minggu, 22 Mei lalu.

Hasilnya, secara umum CFD di Sudirman-Thamrin berjalan lancar, tidak ada masalah yang menonjol, dan telah cukup ramai diikuti masyarakat berdasarkan perhitungan manual Dishub DKI.

"HBKB pertama, pengunjung telah ramai dengan total traffic di Sudirman-Thamrin, pejalan kaki sebanyak 27.277 orang dan pesepeda sebanyak 3.543 sepeda," kata Syafrin dalam keterangannya, Rabu, 25 Mei.

Namun, sayangnya masih banyak pengunjung CFD yang tidak melakukan scan QR PeduliLindungi. Padahal, hal ini merupakan syarat pengunjung sebelum berolahraga di kawasan CFD.

Lebih lanjut, Syafrin juga memaparkan hasil kualitas udara yang terjadi saat pelaksanaan CFD di kawasan Sudirman-Thamrin.

"Karbon monoksida menurun 18,27 persen, sulfur dioksida meningkat 28,44 persen, PM10 menurun 22,71 persen, PM2,5 menurun 8,59 persen, nitrogen monoksida menurun 45,01 persen, dan hidrokarbon nonmetana menurun 18,79 persen," paparnya.

Sebagai informasi, Pemprov DKI Jakarta kembali memperbolehkan kegiatan CFD setelah ditiadakan selama dua tahun belakangan akibat pandemi COVID-19. CFD di di sejumlah ruas jalan dimulai sejak pukul 06.00 hingga 10.00 WIB.

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan enam lokasi CFD, yakni Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Tomang Raya, Jalan Danau Sunter Selatan, Jalan Suryopranoto, dan Jalan Pemuda. Pada kegiatan CFD Minggu kemarin, Pemprov DKI melarang pedagang kaki lima untuk berjualan di kawasan tersebut.