Kapal Selam Nuklir Kedua AS Merapat di Pangkalan Angkatan Laut Pulau Jeju, Korea Selatan: Isi Pasokan
USS Annapolis (SSN 760). (Sumber: US Navy)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah kapal selam bertenaga nuklir milik Amerika Serikat tiba di Korea Selatan pada untuk melakukan pengisian ulang pasokan pada Hari Senin, setelah pekan lalu kapal dari negara itu juga merapat ke Negeri Ginseng

USS Annapolis (SSN-760) yang termasuk dalam keluarga kapal selam Kelas Los Angeles memasuki pangkalan angkatan laut di Pulau Jeju, ketika Seoul dan Washington meningkatkan koordinasi keamanan di tengah ketegangan yang meningkat dengan Korea Utara, termasuk peluncuran rudal jelajah Pyongyang pada akhir pekan lalu.

"Masuknya ke pelabuhan adalah untuk mengisi pasokan militer saat menjalankan misi operasi," kata Angkatan Laut Korea Selatan dalam pesan teks yang dikirim ke wartawan, melansir Yonhap 24 Juli.

"Angkatan laut kedua negara berencana untuk memperkuat postur pertahanan gabungan dengan kedatangan USS Annapolis, dan melakukan kegiatan pertukaran untuk memperingati ulang tahun ke-70 aliansi," jelang angkatan laut seperti melansir Reuters.

Pekan lalu, USS Kentucky (SSBN-737) yang merupakan kapal selam rudal nuklir, merapat ke pelabuhan Korea Selatan. Itu menjadi kunjungan pertama kapal selam rudal balistik bersenjata nuklir ke Korea Selatan sejak 1981.

Berbeda dengan USS Kentucky, USS Annapolis tidak dipersenjatai nuklir. Kapal itu memiliki spesialisasi dalam perang anti-kapal dan anti-kapal selam. September lalu, kapal itu bergabung dalam latihan anti-kapal selam trilateral dengan Korea Selatan dan Jepang perairan internasional lepas pantai Semenanjung Korea.

Kunjungan kapal selam bersenjata nuklir AS pertama dalam kurun waktu 40 tahun terakhir, terjadi setelah AS berjanji untuk meningkatkan visibilitas reguler aset militer utamanya, termasuk kapal selam, dalam Deklarasi Washington yang dikeluarkan oleh Presiden AS Joe Biden dan Presiden Yoon Suk-yeol dalam pertemuan Bulan April lalu.