Tak Ada Peserta yang Lolos Seleksi Tahap 3, KPK Belum Temukan Pengganti Febri Diansyah
Mantan Jubir KPK Febri Diansyah (Foto: Mahesa ARK/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum berhasil menemukan sosok yang tepat sebagai Juru Bicara menggantikan Febri Diansyah. Sebabnya, tak ada seorang pun yang lolos dalam seleksi tahap 3 yang melibatkan pihak independen.

"Setelah dilakukan beberapa tahapan seleksi dengan melibatkan pihak ketiga yang independen, berdasarkan informasi yang kami terima tidak ada peserta yang dinyatakan lulus ke tahap akhir," kata Plt Juru Bicara KPK bidang Penindakan Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 29 Januari.

Selanjutnya, KPK akan kembali membuka rekrutmen dan seleksi untuk mengisi jabatan tersebut. Hanya saja, Ali belum memaparkan kapan pembukaan rekrutmen akan dilakukan.

"Mengenai rencana rekrutmen dan seleksi berikutnya untuk pengisian jabatan dimaksud akan kami sampaikan lebih lanjut," tegasnya.

Diketahui, Febri Diansyah mundur dari jabatan Juru Bicara KPK sejak Desember 2019 sebelum mengundurkan diri dari KPK pada Oktober 2020 lalu.

Dia dilantik menjadi Juru Bicara KPK sejak Desember 2016. Dia menggantikan Johan Budi Sapto Pribowo yang menjabat 9 tahun dan kini jadi anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan.

Setelah ditinggal Febri, jabatan Juru Bicara KPK digantikan oleh dua orang pelaksana tugas yaitu Ali Fikri sebagai Plt Juru Bicara bidang Penindakan dan Ipi Maryati sebagai Plt Juru Bicara bidang Pencegahan.