Bagikan:

SEMARANG- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Ibu Siti Atiqoh mendampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Ibu Wury Ma'ruf Amin dalam Puncak Peringatan Hari Anak Nasional ke-39 Tahun 2023 di Semarang.

Acara puncak peringatan Hari Anak Nasional dengan tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" digelar di Lapangan Simpang Lima, Kota Semarang. Selain Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Ibu Wury Ma'ruf Amin, turut hadir juga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, dan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Dalam pernyataannya, Gubernur Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa acara ini telah menarik perhatian banyak pihak, terutama dengan gagasan dan ide-ide yang disampaikan oleh anak-anak. Mereka mengungkapkan harapan untuk merasa aman, nyaman, dan memiliki akses yang dapat dipenuhi, dan ini menjadi catatan penting bagi para pengambil keputusan untuk menyayangi dan memastikan harapan-harapan tersebut dapat tercapai.

Gubernur Ganjar juga menyinggung tentang program "Jogo Tonggo" atau "menjaga tetangga" yang telah dilakukan di Jawa Tengah selama pandemi COVID-19, yang kemudian diadaptasi dalam program "Jogo Konco" untuk menjaga teman-teman sebaya agar saling menyayangi dan tidak melakukan bullying. Program ini bertujuan untuk membentuk nilai-nilai etika dan self-control sejak dini.

"Menjaga temannya agar tidak saling mem-bully, menjaga temannya agar saling menyayangi karena nilai-nilai etik ini harus kita mulai, punya self control," ucap Ganjar.

Peringatan Hari Anak Nasional ini merupakan momen penting untuk lebih memahami hak-hak anak dan berkontribusi dalam melindungi, menghormati, dan memenuhi kebutuhan mereka, sehingga masa depan generasi penerus bangsa dapat menjadi lebih cerah.

Hari Anak Nasional pertama kali diinisiasi oleh Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) pada tahun 1951 dan dirayakan setahun kemudian pada 1952. Tanggal peringatan ditetapkan setiap tanggal 23 Juli berdasarkan Keputusan Presiden No. 44/1984, yang berkaitan dengan tanggal pengesahan Undang Undang tentang Kesejahteraan Anak pada 23 Juli 1979.

Selain Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin, turut mendampingi Wakil Presiden dalam acara ini, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan, Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Administrasi, Sapto Harjono W.S., serta beberapa Staf Khusus Wapres