Penumpang Ingin Berangkat Lebih Pagi, Transjakarta Sesuaikan Jadwal Busnya ke Bandara Soetta
Ilustrasi transjakarta (Foto: dok. antara)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta Daud Joseph menyebut pihaknya menyesuaikan jadwal operasional bus menuju Bandara Soekarno-Hatta saat masa uji coba yang kini masih berjalan.

Awalnya, rute bus Transjakarta dari Terminal Kalideres menuju Bandara Soetta mulai beroperasi dengan headway setiap 20 menit pada pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB pada pagi hari dan pukul 18.00 WIB sampai 21.00 WIB pada malam hari.

Ternyata, selama masa uji coba, banyak pelanggan yang merupakan pekerja bandara meminta waktu berangkat dimajukan lebih cepat satu jam lantaran mereka terlambat masuk kerja jika berangkat pukul 06.00 WIB.

Hal ini diungkap berdasarkan hasil survei yang dilakukan Transjakarta pada pelanggan bus menuju Soetta.

"Jadi, kalau kami baru mulai nganter dari kalideres nyampe di sana jam 07.00, mereka sudah terlambat. Sehingga, kami meminta persetujuan dan diinstruksikan oleh dishub maupun BPTJ untuk dimajukan ke jam 05.00 pagi," kata Joseph kepada wartawan, Rabu, 19 Juli.

Ketika jam operasional bus dimajukan, Joseph menyebut pihaknya turut menyesuaikan batas waktu selesai pelayanan pada pagi hari menjadi pukul 08.30 WIB.

Begitu juga dengan jam operasional pada sore ke malam hari. Pelanggan, dalam survei, juga meminta waktu operasional diercepat mulai pukul 16.00 WIB.

"Mereka minta untuk dimajukan jam 04.00 sore, dimulai perjalanan dari bandara menuju ke kalideresnya. Akhirnya, kemarin diinstrusikkan juga kepada kami jam 04.00 sore sudah mulai melayani sampai malam itu jam 08.00 malam," urai Joseph.

Sejak dimulainya uji coba pada 4 Juli lalu, Transjakarta mencatat rata-rata pelanggan bus dengan rute menuju Bandara Soetta ini berjumlah 700 orang per hari. Totalnya selama dua pekan terakhir, Transjakarta telah melayani 10 ribu penumpang.

"Yang paling ramai itu pukul 06.00 pagi sampai 08.00 pagi. Dari 700 orang itu, 400-an orangnya pagi hari. Lalu, 300-an orangnya pukul 18.00 sampai 20.00 WIB," urai Joseph.

Diketahui, TransJakarta mengoperasikan 10 bus dek rendah (low entry) untuk rute Bandara Soekarno Hatta-Terminal Kalideres dengan kapasitas pengangkutan penumpang mencapai 2.500 orang setiap hari.

Dengan kapasitas satu bus 60 penumpang, maka dalam sehari bus TransJakarta jurusan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menuju Terminal Kalideres dan sebaliknya bisa mengangkut hingga 2.500 penumpang.

Adapun waktu tempuh dari Kalideres ke Bandara Soetta diperkirakan maksimal 45 menit untuk sekali perjalanan.