3 Minggu Uji Coba, Transjakarta Catat 14.222 Pelanggan Jajal Layanan Rute Bus ke Bandara Soetta
Lustrasi transjakarta (foto: dok. antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mencatat jumlah pengguna layanan bus dengan rute Terminal Kalideres menuju Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 14.222 orang selama sekitar 3 pekan masa uji coba.

Uji coba layanan Transjakarta masuk Bandara Soetta ini dilakukan sejak 5 Juli 2023 lalu. Setelah 2 pekan uji coba, Rute bus Transjakarta menuju Soetta diperpanjang per 26 Juli lalu.

Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta Daud Joseph mengklaim, angka pelanggan rute ini mengalami kenaikan setiap harinya.

"Adapun pelanggan tertinggi harian tercatat ada 733 orang yang dilayani oleh layanan berkode SH1 ini," kata Joseph dalam keterangannya, Minggu, 30 Juli.

Dari pencatatan ini, Joseph berharap keberadaan layanan Transjakarta masuk Bandara Soetta diakui penumpang cukup membantu mereka dalam bermobilisasi.

“Kami berharap layanan ini tidak hanya mempermudah karyawan yang bekerja di kawasan Bandara, baik untuk berangkat maupun kembali pulang ke rumah masing-masing tetapi juga memudakan masyarakat umum untuk beraktivitas di sepanjang jalur yang dilintasi,” ujar dia.

Selama masa uji coba, Pengoperasian bus Transjakarta rute Terminal Kalideres ke Bandara Soetta hanya terjadwal pagi dan sore hari, yakni pukul 06.00 WIB-09.00 WIB dan pukul 18.00 WIB-21.00 WIB. Dalam perpanjangan uji coba, Transjakarta menyesuaikan waktu operasional sesuai masukan dari pelanggan.

Untuk layanan ini, Transjakarta menyediakan sebanyak 5 unit bus tipe low entry yang memudahkan pelanggan disabilitas maupun yang membawa barang saat beraktivitas.

Selama masa uji coba, tarif bus Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soetta belum dikenakan biaya atau gratis. Namun, pelanggan tetap diwajibkan untuk melakukan tap in maupun tap out menggunakan kartu uang elektronik (KUE).

Sejak awal uji coba diberlakukan, Pemprov DKI menargetkan layanan ini bisa mengangkut 2.500 penumpang setiap harinya. Namun, sayangnya angka ini belum terrealisasi.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pun mengaku akan mengevaluasi operasional bus Terminal Kalideres-Bandara Soetta dari hasil uji coba.

"Namanya saja trial and error, uji coba pasar, uji coba rute. Kalau tadi tidak mencapai target, ya kita pikirkan. Tujuan pemerintah daerah adalah supaya mengurai kemacetan di sekitar bandara. Kita coba dengan transportasi umum. Tapi, sekali lagi sampai di mana kelayakannya itu, bisa bagus, bisa dilanjutkan, bisa dipikirkan kembali," ungkap Heru pada Jumat, 28 Juli.