Bagikan:

JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut pihaknya masih mengkaji usulan mengenai tarif Transjakarta rute Terminal Kalideres menuju Bandara Soekarno-Hatta sebesar Rp5 ribu.

Besaran tarif Rp5 ribu pada rute Kalideres-Bandara Soetta merupakan usulan Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) dari hasil kajian dan survei mereka.

"Tentu kami sudah melakukan review dan sudah membuat laporan ke Pak Pj Gubernur. Kemudian, menunggu petunjuk lebih lanjut untuk kemudian diusulkan jika memang akan menggunakan tarif 5.000 rupiah," kata Syafrin di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 8 Juli.

Namun, lanjut Syafrin, Pemprov DKI bakal meminta persetujuan DPRD DKI Jakarta terlebih dahulu, sebelum memutuskan besaran tarif rute Transjakarta masuk Soetta tersebut.

Mengingat, angka tarif yang diusulkan DTKJ ini masih lebih rendah dari nilai keekonomian Transjakarta, sehingga masih masuk dalam subsidi yang dialokasikan dari APB.

"Tentu, berdasarkan regulasi untuk penetapan tarif dengan subsidi, itu harus mendapat persetujuan dewan. Ini yang sedang kami laporkan," ungkap Syafrin.

Dengan besaran tarif Rp5 ribu yang diusulkan, kemudian nilai keekonomian setiap layanan pelanggan sebesar Transjakarta Rp12 ribu, maka Pemprov DKI harus memberikan subsidi atau public service obligation (PSO) sebesar Rp7 ribu per layanan.

"Dengan besaran Rp5 ribu, tentu akan ada subsidi karena tarif keekonomiannya sekitar per Rp12 ribu. Selisih (Rp7 ribu) itu kan disubsidi pemerintah," ujar Syafrin.

Uji coba layanan Transjakarta masuk Bandara Soetta ini dilakukan sejak 5 Juli 2023 lalu. Setelah 2 pekan uji coba, Rute bus Transjakarta menuju Soetta diperpanjang per 26 Juli lalu. Hal ini seiring dengan perpanjangan masa uji coba layanan bus Transjakarta masuk Soetta tersebut.

Dalam perpanjangan uji coba, Transjakarta menambah jam operasional yang semula beroperasi pukul 06.00–09.00 WIB dan pukul 18.00–21.00 WIB menjadi pukul 05.30–09.00 dan pukul 16.30–22.00 WIB.

Tercatat, jumlah pengguna layanan bus dengan rute Terminal Kalideres menuju Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 14.222 orang selama sekitar 3 pekan masa uji coba.