Bagikan:

JAKARTA - PT Transjakarta mencatat mayoritas pelanggan bus Transjakarta dengan rute Terminal Kalideres menuju Bandara Soekarno-Hatta memiliki penghasilan di bawah Rp5 juta per bulan.

Hal ini diungkap dari hasil survei yang dilakukan Transjakarta kepada penumpang selama masa uji coba rute bus menuju bandara tersebut.

"Para pengguna layanan ini mereka kebanyakan adalah yang penghasilannya di bawah Rp5 juta per bulan," kata Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta Daud Joseph kepada wartawan, Rabu, 19 Juli.

Dari hasil survei ini, Joseph memandang layanan bus Transjakarta masuk Soetta membantu masyarakat untuk menghemat biaya transportasi mereka setiap harinya.

"Jadi sebetulnya dari sisi efektivitas pada saat uji coba, ini efektif untuk melayani pekerja kawasan bandara yang memang dari sisi kemampuan untuk membayar biaya transportasi cukup rendah," urai dia.

Masih dari hasil survei, Transjakarta mencatat pelanggan layanan bus menuju Soetta merupakan pekerja bandara, mulai dari pegawai terminal kargo, pegawai tempat makan, dan pekerja pergudangan Bandara Soetta.

Namun, ternyata masih ada penumpang pesawat terbang yang menggunakan layanan tersebut. Meskipun, diakui Joseph, jumlahnya tidak banyak dan mereka tak menggunakan layanan ini setiap harinya.

"Apakah ada penumpang yang mengambil ini? Kelihatannya ada, dari barang dan koper yang dibawa. Tapi apakah itu sesuatu yang konsisten? Kelihatannya kalau dipakai sekali dua kali, mungkin iya, dan kita tidak bisa mencegah itu," urai Joseph.

"Tapi kalau penumpang bandara itu kan biasanya tidak commuting, tidak tiap hari pakainya. Yang memakai tiap hari adalah pekerja kawasan bandara tadi," tambahnya.

Diketahui, TransJakarta mengoperasikan 10 bus dek rendah (low entry) untuk rute Bandara Soekarno Hatta-Terminal Kalideres dengan kapasitas pengangkutan penumpang mencapai 2.500 orang setiap hari.

Dengan kapasitas satu bus 60 penumpang, maka dalam sehari bus TransJakarta jurusan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menuju Terminal Kalideres dan sebaliknya bisa mengangkut hingga 2.500 penumpang.

Rute bus Transjakarta dari Terminal Kalideres menuju Bandara Soetta mulai beroperasi dengan headway setiap 20 menit pada pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB pada pagi hari dan pukul 18.00 WIB sampai 21.00 WIB pada malam hari. Waktu tempuh dari Kalideres ke Bandara Soetta rata-rata 45 menit untuk sekali perjalanan.