5 Kelurahan di Pangkalpinang Babel Kebanjiran, 1 Plafon Supermarket Roboh
Ilustrasi turun hujan. (Pixabay)

Bagikan:

BABEL - Sebanyak lima kelurahan di Kota Pangkalpinang terendam banjir dengan ketinggian air dari 50-80 centimeter alias cm.

Banjir melanda Pangkalpinang di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) lantaran dampak hujan dengan intensitas tinggi.

"Kami sudah mengerahkan tim reaksi cepat untuk membantu korban banjir ini," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Senin 19 Juni, disitat Antara.

Adapun lima kelurahan yang terendam banjir yaitu Air Nangka, Bukit Sari, Gedung Nasional, Rejosari dan Kampung Bintang Kota Pangkalpinang.

"Saat ini kami masih melakukan pendataan titik-titik mana saja yang terendam banjir akibat hujan lebat ini," ujarnya.

Ia menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang ini juga mengakibatkan plafon pusat perbelanjaan Transmart di Kota Pangkalpinang roboh.

"Alhamdulillah, kejadian plafon roboh ini tidak menimbulkan korban jiwa, karena situasi saat kejadian dalam kondisi sepi," katanya.

Menurut dia bencana banjir dan genangan air ini selain karena curah hujan lebat juga akibat saluran air yang sempit, sehingga air hujan tumpah ke jalan dan pemukiman warga.

"Kami berharap masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan saluran air, agar tidak terjadi lagi banjir dan genangan air di saat hujan lebat," tandasnya.