Pemprov DKI Minta HIPPI Jadikan UMKM Naik Kelas Selepas Perpindahan Ibu Kota
FOTO Humas Pemprov DKI

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi, Hari Nugroho mengajak pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta untuk mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Pembangan UMKM menjadi naik kelas ini penting dilakukan, mengingat Jakarta akan menanggalkan status Ibu Kota RI setelah perpindahan ibu kota negara (IKN) ke Nusantara, Kalimantan Timur.

"keberadaan HIPPI DKI Jakarta sebagai organisasi yang sebagian besar anggotanya adalah pelaku UMKM, merupakan mitra strategis Pemprov DKI dalam pengembangan UMKM agar dapat naik kelas dan berdaya saing," kata Hari Nugroho saat Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus HIPPI DKI Jakarta 2022-2027, Kamis, 8 Juni.

Hari berujar, Jakarta bakal menjadi pusat ekonomi global setelah perpindahan ibu kota. Maka, ia menginginkan peran strategis Jakarta sebagai penopang utama pembangunan ekonomi nasional akan terus berlanjut.

"Meskipun tidak lagi menjadi ibu kota negara, Jakarta akan berperan sebagai pusat perdagangan, jasa keuangan, investasi dan pusat pelayanan serta kegiatan bisnis global yang didukung dengan ekosistem digital dan berkelanjutan," urainya

Hari ini, Ketua Umum DPP HIPPI, Suryani SF Motik melantik dan mengukuhkan pengurus DPD HIPPI DKI Jakarta 2022-2027 dengan Ketua Umum Uchi Hardiman, Sekretaris Umum Fauzan Fadel Muhammad dan Bendahara Umum Laja Lapian.

Ketua DPD HIPPI DKI Jakarta, Uchi Hardiman meminta Pemprov DKI untuk tidak segan melibatkan anggota HIPPI dalam program pembangunan Jakarta. Ia berharap, HIPPI DKI Jakarta akan berperan penting dalam pembangunan ekonomi Jakarta ke depan.

"Pemprov DKI Jakarta bisa bersinergi dengan kami dan menjadikan HIPPI DKI Jakarta sebagai mitra strategis yang dapat diperhitungkan karena kami memiliki pengusaha-pengusaha kompeten yang bisa turut membangun Jakarta," ucap Uchi.

"Tentunya, peran HIPPI akan sangat berpengaruh dalam memajukan ekonomi ke depan. Kita tahu ada ancaman resesi ekonomi, krisis global. Tapi, Indonesia tidak berdampak karena kuatnya IKM, UKM dan UMKM. Nah, salah satu program HIPPI ini adalah memajukan dan membina IKM, UKM dan UMKM," tambahnya.

(Foto: Pemprov DKI)