PDIP Tegaskan Cawapres Ganjar Tak Harus dari Kalangan Tertentu
Bakal capres Ganjar Pranowo/DOK PDIP

Bagikan:

JAKARTA - PDI Perjuangan menegaskan kalangan manapun bisa jadi calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Asal punya rekam jejak pasti sosok itu bakal dipilih rakyat.

"Jadi pola kepemimpinan nasional itu tidak masuk di dalam koridor-koridor. Apakah sipil, militer, Pusat, daerah, dari Eksekutif, legislatif semua yang dipanggil oleh rakyat itu merupakan sosok pemimpin yang memiliki rekam jejak jelas," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis, 8 Juni.

Meski begitu, Hasto mengungkap Ganjar butuh sosok pendamping yang berkinerja dan berkarakter baik.

Selain itu, sosok tersebut diharap bisa bersatu dengan Ganjar dan bekerja sama. Keduanya, kata Hasto, diharap bisa meniru Soekarno-Muhammad Hatta yang merupakan presiden dan wakil presiden pertama.

"Kesatupaduan, dwi tunggal dimana Bung Karno dan Bung Hatta kesatupaduan di dalam mendorong percepatan kemajuan Indonesia Raya," ujarnya.

Sebelumnya, PDIP belum mau bicara soal calon wakil presiden yang mendampingi Ganjar. Mereka bahkan membentuk tim yang diisi Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Prananda Prabowo.

Tim ini dipimpin langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang akan melapor secara berkala ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selain itu, nantinya pembahasan yang makin mengerucut bakal dibahas bersama partai yang melakukan kerja sama politik dengan partai berlambang banteng tersebut.