Wapres: Pemerintah Fokus Pendekatan Komprehensif di Papua
Wapres Ma'ruf Amin/FOTO ANTARA HO BPMI SETWAPRES

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menekankan pemerintah fokus melakukan pendekatan komprehensif dalam upaya pembangunan, meningkatkan kesejahteraan dan penanganan keamanan di Papua.

“Jadi pendekatan komprehensif ini yang terus (dilakukan) oleh pemerintah,”kata Wapres dilansir ANTARA, Kamis, 8 Juni.

Wapres mengatakan pendekatan komprehensif yang dimaksud adalah tetap berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua dan memberikan afirmasi kepada orang asli Papua.

Pemerintah juga berupaya meningkatkan pelayanan di Tanah Papua melalui daerah otonomi baru (DOB). Diharapkan dengan adanya pengembangan provinsi-provinsi di Papua, maka upaya peningkatan pelayanan dan kesejahteraan dapat lebih fokus dilakukan di tiap daerah.

Di sisi lain, kata Wapres, pemerintah juga memperhatikan agar masalah keamanan bisa diselesaikan dan terus mengevaluasi langkah-langkah penanganan yang dilakukan.

“Memang yang pemerintah tempuh pendekatan ini yang sifatnya komprehensif,” kata Wapres.

Dia menekankan terkait penanganan keamanan di Papua pemerintah menginginkan rakyat aman terlindungi, tanpa perlu ada banyak korban jiwa apalagi sampai menimbulkan isu-isu yang bisa dianggap sebagai pelanggaran hak asasi manusia.

“Ini semua dipertimbangkan,” jelasnya.

Terkait penanganan enam kabupaten zona merah/rawan kelompok separatis teroris (KST) di Papua, Wapres mengatakan pemerintah memang ingin membuat sesuatu langkah khusus dengan tetap mempertimbangkan keamanan para prajurit TNI dan Polri.

“Pendekatan komprehensif ini terus dilakukan evaluasi dan terus akan dilakukan upaya operasi teritorial dengan tetap mendorong kesejahteraan dan pembangunan. Pemerintah juga sedang merencanakan membangun kantor-kantor gubernur, kantor kapolda, kemudian pangdam, dan semua ini bagian dari upaya penanganan papua secara komprehensif,” jelasnya.