Mohon Bersabar Warga Cianjur yang Rumahnya Rusak Berat Akibat Gempa, Bantuan Stimulan Pasti Cair
Juru Bicara Bencana Gempa Cianjur, Jawa Barat, Budi Rahayu Toyib.(ANTARA/Ahmad Fikri). (Ahmad Fikri)

Bagikan:

CIANJUR - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memastikan warga terdampak gempa yang rumahnya rusak berat akan mendapatkan bantuan stimulan dari pemerintah.  Namun warga diminta untuk bersabar dan tidak terprovokasi berbagai hasutan yang dapat merugikan.

Juru Bicara Bencana Gempa Cianjur Budi Rahayu Toyib mengatakan pihaknya banyak mendapat laporan terkait belum cairnya stimulan pembangunan rumah warga terdampak gempa.

"Pemerintah daerah terus berupaya mendorong pemerintah pusat untuk segera mencairkan bantuan stimulan bagi warga terdampak gempa karena surat keputusan atas perubahan kerusakan sudah disampaikan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana," katanya di Cianjur, Antara, Minggu, 4 Juni. 

Ia meminta warga agar bersabar menunggu pencairan dari pemerintah pusat karena sudah diajukan. Sesuai instruksi Bupati Cianjur Herman Suherman, seluruh warga yang rumahnya rusak akibat gempa akan mendapat bantuan stimulan perbaikan rumah.

Untuk mempercepat pencairan, tutur Budi, pihaknya terus berkomunikasi dengan BNPB dan Kementerian Keuangan guna memastikan pengajuan data warga terdampak gempa yang mengajukan perubahan kerusakan secepatnya menerima bantuan melalui rekening masing-masing.

"Sesuai instruksi Bupati Cianjur, kami terus berkoordinasi dan menjalin komunikasi terkait pencairan tahap III yang sudah dalam proses dan tinggal menunggu masuk ke rekening warga penerima," katanya.

Bahkan, kata dia, bagi warga terdampak gempa yang rumahnya belum terdata dapat melapor ke aparatur desa atau dinas penghubung di masing-masing desa untuk diajukan. Pihaknya juga meminta warga tidak terpancing atau terprovokasi terkait pencairan yang dapat dilakukan di Pemkab Cianjur.

"Bagi yang sudah terdata dan terdaftar sebagai penerima, kami mohon kesabarannya karena pemerintah daerah terus berupaya sampai dengan target seluruh warga terdampak gempa menerima bantuan," katanya.