Kapal Selam Nuklir Terbaru Rusia Geralissimus Suvorov Siap Berlayar ke Pasifik, Dibekali 16 Rudal Balistik Bulava
Ilustrasi kapal selam Kelas Borei-A Rusia. (TASS/Sergei Bobylyov)

Bagikan:

JAKARTA - Kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir kelas Borei-A milik Rusia, Generalissimus Suvorov, akan melakukan perjalanan ke pangkalan permanennya di Armada Pasifik pada Bulan Agustus, kata sebuah sumber yang dekat dengan Kementerian Pertahanan Rusia.

"Pada Agustus mendatang, kapal selam Generalissimus Suvorov akan melakukan perjalanan dari Armada Utara ke Armada Pasifik. Perjalanan itu akan dilakukan di sepanjang Rute Laut Utara, termasuk dalam posisi terendam," kata sumber tersebut, melansir TASS 24 Mei

Pada Januari lalu, dilaporkan bahwa kapal selam kedua yang dibuat secara serial dari proyek 955A (Borei-A), Generalissimus Suvorov, telah menyelesaikan pelayaran dari Severodvinsk ke pangkalan sementara Armada Utara.

Biasanya, kapal selam Armada Pasifik yang baru melakukan perjalanan ke pangkalan permanen mereka melalui Rute Laut Utara pada musim panas. Sesuai dengan praktik yang ada, kapal selam tersebut didampingi dalam perjalanannya oleh gugus tugas kapal perang Armada Utara dan Pasifik di zona tanggung jawab masing-masing.

Generalissimus Suvorov adalah kapal selam bertenaga nuklir generasi keempat dari proyek Borei-A yang telah ditingkatkan (dirancang oleh Biro Desain Pusat Teknik Kelautan Rubin yang berbasis di St. Petersburg). Ini adalah kapal selam pembawa rudal kedua yang dibangun secara serial dari proyek 955A.

Kapal ini menawarkan solusi teknik yang secara fundamental baru, peralatan yang lebih baik, tingkat bidang fisik yang lebih rendah dan keamanan yang lebih baik, serta memenuhi persyaratan substitusi impor yang lebih ketat.

Upacara peletakan lunas kapal ini dilakukan di galangan kapal Sevmash pada tanggal 26 Desember 2014. Kapal selam itu diluncurkan dari hanggar pada 25 Desember 2021. Pada 29 Desember 2022, kapal selam itu bergabung dengan Angkatan Laut Rusia.

Diketahui, setiap kapal selam kelas Borei membawa 16 rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam Bulava.

Rusia sendiri telah meningkatkan pertahanan di wilayah timur jauh yang luas yang berbatasan dengan Asia-Pasifik, menuduh Amerika Serikat memperluas kehadirannya di sana dan meningkatkan masalah keamanan di Jepang dan di seluruh kawasan, seperti mengutip Reuters.

Generalissimo Suvorov dimaksudkan untuk mendukung kekuatan kapal selam bertenaga nuklir Armada Pasifik Rusia di pangkalan kapal selam Rybachiy, Semenanjung Kamchatka, lapor lembaga Rusia sebelumnya. Kapal selam Kelas Borei direncanakan untuk menggantikan kapal selam rudal balistik Rusia generasi sebelumnya.