PKB Sumsel Usung Susno Duadji dan Istri Marzuki Alie Jadi Bacaleg
Ilustrasi. Simpatisan PKB meriahkan kampanye terbuka di Lapangan Hertasning Makassar, Sulsel, Senin 17 Maret 2014. (Antara-Yusran Uccang)

Bagikan:

JAKARTA - Dewan Pimpinan Wilayah PKB Sumatera Selatan (Sumsel) mengusung bakal calon anggota legislatif (bacaleg) wali kota aktif, tokoh masyarakat, hingga mantan Kabareskrim Polri.

'Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe dan mantan Kabareskrim Polri Komjen Pol (Purn) Susno Duadji didaftarkan ke KPU Provinsi Sumsel sebagai bakal caleg untuk berkompetisi memperebutkan kursi DPR RI pada Pemilu Februari 2024," kata Ketua DPW PKB Sumsel Ramlan Holdan di Palembang, Sumsel, Senin 15 Mei, disitat Antara.

Dia menjelaskan, dalam masa pendaftaran bacaleg ke KPU beberapa hari terakhir yang ditutup pada 14 Mei 2023, pihaknya menyerahkan berkas dokumen 17 bacaleg DPR dan 75 bakal caleg DPRD Provinsi Sumsel ke KPU setempat.

Ramlan bilang, bakal caleg tersebut diharapkan dalam proses verifikasi dokumen yang dimulai 15 Mei 2023 ini tidak ada masalah sehingga bisa ditetapkan dalam daftar caleg sementara (DCS) dan diproses menjadi daftar caleg tetap (DCT) sebagai peserta Pemilu 2024.

Menurut dia, sosok calon yang diharapkan mampu mendulang suara sebanyak-banyaknya pada Pemilu 2024 ada wajah baru dan petahana.

Untuk wajah baru bakal caleg DPR Dapil Sumsel dari PKB cukup banyak, selain Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe, Susno Duadji, ada juga mantan anggota DPD RI Asmawati yang merupakan istri Marzuki Alie.

Sedangkan petahana, dari delapan kursi DPRD Sumsel saat ini, terdapat dua orang yang naik berkompetisi memperebutkan kursi DPR RI yakni Antoni Yuzar dan Kartak SAS.

"Untuk petahana dari delapan anggota dewan kita enam di antaranya mencalonkan kembali, sedangkan dua orang mencalonkan untuk DPR RI di Dapil Sumsel 1," kata Ramlan.

Melihat sosok bacaleg yang didaftarkan ke KPU Sumsel tersebut, insya Allah target 13 kursi untuk DPRD Provinsi Sumsel dan bisa meraih minimal masing-masing satu kursi setiap daerah pemilihan untuk DPR RI.

Ramlan menuturkan, untuk mewujudkan target pemenangan pemilihan anggota legislatif yang bersamaan dengan pemilihan presiden/wapres pada Februari 2024, pihaknya mengandalkan mesin partai yang ada, kerja bakal caleg serta kader PKB yang tersebar di 17 kabupaten/kota.

Sementara Ketua KPU Sumsel Amrah Muslimin menjelaskan bahwa pihaknya telah menerima pengajuan bakal calon anggota legislatif 18 partai politik dan 20 orang calon DPD Sumsel untuk Pemilu 2024.

Anrah menuturkan, semua bakal calon saat ini sedang dilakukan verifikasi dan segera diumumkan kepada masyarakat sehingga ketika ditetapkan dalam DCT tidak ada masalah.