Tiket Formula E 2023 Baru Terjual 40 Persen, Pemprov DKI Enggan Ikut Campur
Aksi drifting pembalap tim Mercedes-EQ saat acara 'Meet and Greet' pebalap Formula E Jakarta di Monas, Jakarta, Kamis 2 Juni 2022. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ajang balap Formula E digelar kurang dari satu bulan mendatang. Namun, penjualan tiketnya baru menyentuh 40 persen atau sekitar 8 ribu tiket dari total 20 ribu tiket yang dijual.

Sementara, Pemprov DKI tak mau ikut campur dalam mengurusi penjualan tiket yang belum ludes terjual. Sekretaris Daerah DKI Jakarta Joko Agus Setyono menegaskan bahwa Formula E saat ini tak lagi jadi kegiatan pemerintah.

Berbeda dari tahun 2022, Formula E tahun ini memiliki skema business to business (B2B) antara BUMD PT Jakarta Propertindo dengan Formula E Operation.

"Itu sebenarnya sudah programnya BUMD Jakpro dengan B2B. Jadi, pemerintah daerah tidak terlibat sama sekali," kata Joko saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 11 Mei.

Saat Formula E direncanakan pada masa Anies Baswedan menjabat Gubernur DKI, biaya commitment fee sebesar Rp560 miliar memang digelontorkan oleh Pemprov DKI lewat APBD. Namun, Joko menegaskan pihaknya kini tak lagi mengalokasikan anggaran apapun untuk ajang balap mobil listrik tersebut.

"Sekarang pemerintah daerah sudah tidak lagi mengeluarkan sedikit pun untuk pelaksanaan Formula E yang sekarang. Itu urusan bisnis mereka (Jakpro)," ujarnya.

Secara umum, penyelenggaraan Formula E tahun 2023 tak berbeda dari tahun lalu. PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku penyelenggara menyediakan beberapa kategori tiket menonton yang mereka jual.

Tersedia tiket kategori circuit festival yang dijual seharga Rp750 ribu. Penonton kategori ini dipersilakan menempati 6 area tanpa kursi penonton.

Lalu, terdapat tiket kategori grandstand, ditempatkan pada kursi yang tersebar di 9 area sekeliling sirkuit. Tiket ini dijual seharga Rp1 juta hingga Rp1,5 juta per hari.

Sedangkan, tiket kelas VIP pada kategori kategori deluxe dibanderol Rp10 juta per hari dan kategori royal dijual seharga Rp12 juta per harinya.

Ajang balap mobil listrik yang digelar di Ancol, Jakarta Utara ini turut dimeriahkan oleh penampilan musisi dalam negeri dan luar negeri. Di antaranya adalah Alan Walker, Angger Dimas, DJ Yasmin, Judika, Kla Project, Rossa, dan RAN.