Bagikan:

JAKARTA - PDIP resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024. Pengumuman itu disampaikan langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis, Jawa Barat, Jumat, 21 April. 

Megawati menyebutkan, sebelum resmi mengumumkan, pihaknya intens melakukan dialog dengan sejumlah pihak.

Termasuk dengan Presiden Joko Widodo yang juga menjabat sebagai kader dari partai berlambang banteng ini. 

"Tugas dan tanggungjawab saya tersebut tidaklah sebuah hal yangg ringan. Karena itulah saya gunakan seluruh akal budi dan mata hati dan pikiran. Saya berdioalog termasuk dengan Pak Jokowi termasuk ajaran internal partai termasuk Mas Prananda Prabowo dan Mbak Puan Maharani, kader dan petugas partai yangg telah lama digembleng jadi pemiimpin," kata Megawati. 

Megawati menambahkan, pengumuman resmi ini juga merupakan mandat dari Kongres ke-5 PDIP yang menyatakan, Megawati memiliki hak prerogatif untuk menetapkan calion presiden dan calon wakil presiden yangg akan diusung oleh PDIP.

"Setelah selama ini memikirkan melihat dan mencermati apa yang telah jadi harapan rakyat serta petunjuk Allah, maka pada hari kartini ini 21 April 2023 dan sekaligus sebagai tonggak perjuangan kaum permepuan Indonesia yang nondiskriminatif dan dijamin konstitusi negara, maka pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismillah menetapkan saudara Ganjar Pranowo sekarang adalah Gubernur Jateng sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai capres Republik Indonesia dari PDIP," demikian Megawati.