Bagikan:

BOGOR - PDI Perjuangan (PDIP) secara resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada hari ini, bertepatan dengan Hari Kartini. Pengumuman secara langsung disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Hari ini tepat 21 April 2023 bertepatan dengan Hari Kartini, Raden Ajeng Kartini oleh Presiden Soekarno ditetapkan sebagai pahlawan kemerdekaan Nasional," kata Megawati di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 21 April.

Kata Megawati, momentum ini penting karena Presiden Pertama RI Soekarno menyatakan peran perempuan sangat penting.

"Oleh sebab itu, saya sengaja memilih tanggal 21 untuk menyampaikan sebuah pengumuman penting yang saya ketahui sejak lama dinanti-nanti oleh seluruh rakyat Indonesia," tegasnya.

Megawati mengatakan dirinya mengumumkan Ganjar sebagai calon presiden sesuai dengan mandat dan hak prerogatif yang diputuskan di Kongres ke-V PDIP.

Karena itulah saya gunakan seluruh akal budi dan mata hati serta pikiran," ujarnya.

"Saya berdialog dengan Pak Jokowi termasuk jajaran internal partai termasuk Mas Prananda Prabowo dan Mbak Puan Maharani kader dan petugas partai yang telah digembleng," sambung Megawati.

Terakhir, Megawati juga mencermati dinamika kaderisasi kepemimpinan di partainya. "Maka pada jam 13.45 WIB dengan mengucap bismillah menetapkan saudara Ganjar Pranowo yang sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai capres," pungkas Presiden ke-5 RI tersebut.