Awal Kemunculan Istilah Si Rambut Putih yang Bakal Diumumkan Megawati Siang Nanti
Ganjar Pranowo (Foto via Pemprov Jateng)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dikabarkan akan mengumumkan nama Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) yang akan diusung partainya di Pilpres 2024.

Pengumuman tersebut akan disampaikan secara daring dari Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, pada hari ini, Jumat, 21 April.

Berdasarkan informasi yang beredar, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga akan datang dalam pengumuman capres tersebut.

Dengan adanya potensi kehadiran Jokowi ini, semakin memperkuat gelagat politik sang presiden yang selama ini kerap menyinggung Ganjar sebagai salah satu penerus estafet kepemimpinan negara.

Pada beberapa kesempatan, Jokowi meminta masyarakat untuk memilih sosok berambut putih di Pilpres 2024.

Jokowi mengatakan, masyarakat harus ekstra hati-hati dalam memilih capres pada Pemilu 2024 mendatang dan menyarankan sosok yang dipilih adalah yang memikirkan rakyatnya.

Hal itu disampaikan Jokowi di depan ribuan relawan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), pada Sabtu, 26 November 2022. Dia menuturkan, salah satu sosok yang memikirkan rakyat bisa terlihat dari penampilannya.

"Dari penampilan kelihatan, banyak kerutan karena mikirin rakyat, ada yang rambutnya putih semua, ada itu. Kalau wajah cling dan tak ada kerutan di wajah hati-hati. Lihat rambutnya, kalau putih semua, ini mikirin rakyat," ujarnya.

Sejumlah politisi dan pengamat politik pun saat itu langsung mangaitkan sosok berambut putih dengan Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo).

Sejak saat itu, nama Ganjar pun terus menghiasi survei elektabilitas tokoh di Pilpres 2024, bahkan sampai saat ini terus masuk tiga besar nama di lembaga survei capres, bersaing dengan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Padahal, Ganjar sebelum itu sudah dipanggil oleh Dewan Kehormatan PDIP lantaran dianggap telah melanggar instruksi terkait komunikasi politik Pilpres 2024.

Hal tersebut berkaitan dengan Ganjar yang menyatakan kesiapan mencalonkan diri sebagai presiden, pada 18 Oktober 2022. Ganjar menjelaskan, semua anggota partai harus siap jika memang diusung menjadi presiden.

PDIP pun menegaskan bahwa penetapan capres internal partai sepenuhnya menjadi kewenangan Megawati selaku ketua umum.

Kini, PDIP telah memutuskan Ganjar sebagai capres PDIP untuk maju di putaran Pilpres 2024.

Penetapan Ganjar sebagai capres PDIP tersebut akan diumumkan langsung oleh Megawati siang hari ini.