Presiden Jokowi Diskusi dengan Shin Tae-yong, Topiknya Fisik dan Skill Pemain Timnas
Presiden Jokowi berdiskusi dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri berdiskusi dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu, 1 April.

Diskusi ini terjadi sebelum pertemuan Presiden Jokowi dengan penggawa Timnas Indonesia U-20. Pada kesempatan ini, orang nomor satu di Indonesia itu berdialog mengenai mengenai kemampuan dan fisik pemain muda Tanah Air serta tahapan pembinaan selanjutnya.

"Coach Shin Tae Yong menyampaikan memang masih ada titik-titik lemah yang perlu diperbaiki, terutama di sisi fisik dan sedikit di sisi skill,” kata Jokowi.

Meski masih terdapat kelemahan, kata Jokowi, sudah terdapat perbaikan yang sangat mendasar mengenai kemampuan sepak bola para pemain. Shin bahkan menyebut, para pemain siap berkompetisi di Piala Dunia U-20.

"Ada sebuah perbaikan yang sangat mendasar di sisi skill sehingga persiapan mereka untuk masuk di sebuah kompetisi itu, coach Shin menyampaikan sangat siap," kata dia.

Setelah berdiskusi dengan Shin, Jokowi kemudian menemui para pemain Timnas U-20. Jokowi memotivasi para pemain agar tak patah semangat meskipun batal berlaga di Piala Dunia U-20.

Jokowi menekankan kepada para pemain bahwa kesempatan untuk meniti karir dan masa depan masih panjang. Dalam bidang olahraga, kata Jokowi, masih terdapat berbagai kejuaraan seperti SEA Games, Asian Games, Piala AFF, atau Olimpiade.

"Agar mereka tidak larut terus dalam kekecewaan dan kesedihan dan tadi saya sampaikan bahwa ke depan kita ingin memiliki tim yang dibangun sejak awal secara terus menerus, berkepanjangan, sehingga kita bisa mendapatkan sebuah tim nasional yang betul-betul siap" ujarnya.