Kasih Motivasi ke Pemain Timnas Indonesia U-20, Presiden Jokowi: Masih Banyak Kesempatan
Presiden Jokowi menemui para pemain Timnas Indonesia U-20 di SUGBK, Jakarta. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui para pemain Timnas Indonesia U-20 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu, 1 April. Dia memberikan motivasi dan semangat setelah Indonesia dipastikan gagal menggelar Piala Dunia U-20 2023.

Pada kesempatan ini, Presiden Jokowi meminta para pemain untuk tidak patah semangat. Dia mengatakan, masih banyak kesempatan untuk berlaga di kejuaraan internasional lainnya seperti SEA Games, Asian Games, AFF atau Olimpiade.

"Tim U-20 ini karena masih muda masih memiliki kesempatan. Bisa main di SEA Games, bisa main di Asian Games, bisa main di AFF, masih bisa main di Olimpiade 2024, saya kira kesempatan itu masih panjang,” kata Jokowi pada konferensi pers setelah bertemu dengan para pemain timnas U-20.

"Hari ini saya hadir di Gelora Bung Karno untuk memberikan semangat kepada tim U-20, untuk agar mereka tidak larut terus dalam kekecewaan dan kesedihan," lanjutnya, seperti dinukil dari Antara, Sabtu, 1 April.

Jokowi menyampaikan, pemerintah ingin memiliki tim nasional yang dibangun dan dibina sejak awal sehingga tim tersebut memiliki kesiapan dan kualitas yang baik. Dia kembali menekankan bahwa kesempatan untuk para pemain timnas U-20 masih sangat banyak.

"Saya sampaikan kepada mereka jangan patah semangat," kata dia.

FIFA memutuskan mencoret Indonesia dari status tuan rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2023 pada Rabu, 29 Maret, malam karena alasan "kondisi terkini” di Indonesia.

Sebelum FIFA mengambil keputusan itu, di Tanah Air muncul gelombang penolakan dari berbagai pihak, termasuk sejumlah kepala daerah, terhadap kedatangan tim Israel untuk berlaga di Piala Dunia U-20 Tahun 2023.