PSM Makassar Jadi Kampiun Liga 1 usai Kandaskan Madura United
PSM Makassar jadi kampiun Liga 1 2022/2023 setelah mengalahkan Madura United. (Foto: Twitter/@PSM_Makassar)

Bagikan:

JAKARTA – PSM Makassar memastikan diri keluar sebagai juara Liga 1 Indonesia lebih awal sebelum akhir musim setelah mengalahkan Madura United 3-1, Jumat, 31 Maret 2023.

Bermain di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, gol-gol kemenangan Juku Eja dicetak oleh Wiljan Pluim (2 gol) dan Kenzo Nambu. Sementara itu, satu gol hiburan tuan rumah dijaring oleh Hugo 'Jaja' Gomez.

Hasil ini membuat PSM mengoleksi 72 poin dan memiliki dua pertandingan tersisa. Jumlah poin itu tidak bisa dikejar lagi oleh Persib Bandung yang mengekori mereka di posisi kedua dengan 59 poin.

Persib sendiri masih memiliki tiga pertandingan tersisa pada musim ini. Namun, andai Maung Bandung sanggup memenangi semua laga itu, koleksi angka mereka hanya mencapai 68 poin.

PSM menjalani musim ini dengan sangat luar biasa. Dari 32 pertandingan yang mereka jalani, hanya dua kekalahan yang mereka derita sejauh ini.

Kemenangan atas Madura juga merupakan balas dendam buat Juku Eja. Pasalnya, Madura merupakan satu dari dua tim yang memberi PSM kekalahan musim ini bersama Persija Jakarta.

Gelar yang didapat oleh Juku Eja sekaligus mengakhiri penantian mereka selama 23 tahun untuk menjadi yang terbaik di sepak bola kasta teratas Indonesia.

Susunan Pemain

Madura United (4-3-3): Rendy Oscario; Alekvan Djin, Hasyim Kipuw, Cleberson, Novan Setyo Sasongko; Lee Yoo Jon, Zulfiandi, Jaja; Esteban Vizcarra, Beto Goncalves, Lulinha

PSM Makassar (3-5-2): Reza Arya Pratama; Erwin Gutawa, Yuran Lopes, Safrudin Tahar; Yance Sayuri, Ananda Raehan, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yakob Sayuri; Wiljan Pluim, Everton