Dicegat Dua Jet Tempur Sukhoi Rusia, Drone Militer Amerika Serikat Jatuh ke Laut Hitam
Ilustrasi drone MQ-9 Reaper Amerika Serikat. (Wikimedia Commons/U.S. Air Force/Lawrence Crespo)

Bagikan:

JAKARTA - Drone pengintai jenis MQ-9 milik militer AS jatuh ke Laut Hitam pada Hari Selasa setelah dicegat oleh jet-jet tempur Rusia, dalam sebuah insiden yang pertama kali terjadi sejak invasi Rusia ke Ukraina lebih dari setahun yang lalu.

Pentagon mengatakan, salah satu jet Su-27 Rusia menghantam baling-baling pesawat tak berawak tersebut, membuatnya tidak dapat dioperasikan. Sementara, Kementerian Pertahanan Rusia menyalahkan "manuver tajam"  atas jatuhnya pesawat tak berawak tersebut, mengatakan bahwa jet-jet tempurnya tidak melakukan kontak.

Meskipun tidak ada korban jiwa, insiden ini meningkatkan risiko konfrontasi langsung antara Amerika Serikat dan Rusia atas Ukraina, yang diinvasi oleh Moskow lebih dari setahun yang lalu dan didukung oleh sekutu-sekutu Barat dengan intelijen dan persenjataan.

Komandan Sekutu Tertinggi NATO di Eropa, Jenderal Angkatan Darat AS Christopher Cavoli, memberikan pengarahan kepada para sekutu NATO mengenai insiden tersebut, yang dikecam oleh Gedung Putih dan Pentagon - di mana para pejabat memperingatkan akan adanya risiko eskalasi.

Dua jet tempur Su-27 Rusia melakukan apa yang digambarkan oleh militer AS sebagai pencegatan sembrono terhadap pesawat tanpa awak mata-mata Amerika. Dikatakan bahwa jet tempur Rusia membuang bahan bakar ke MQ-9 - mungkin mencoba membutakan atau merusaknya - dan terbang di depannya dengan manuver yang tidak aman.

Setelah sekitar 30 hingga 40 menit, pada pukul 7:03 pagi (06:03 GMT), salah satu jet tempur itu kemudian bertabrakan dengan pesawat tak berawak itu, menyebabkannya jatuh, kata militer AS.

"Pesawat MQ-9 kami sedang melakukan operasi rutin di wilayah udara internasional ketika dicegat dan ditabrak oleh pesawat Rusia, yang mengakibatkan jatuhnya pesawat MQ-9," ujar Jenderal Angkatan Udara AS James Hecker, yang mengawasi Angkatan Udara AS di wilayah tersebut, dalam sebuah pernyataan, melansir Reuters 15 Maret.

"Faktanya, tindakan tidak aman dan tidak profesional oleh Rusia ini hampir menyebabkan kedua pesawat itu jatuh," kritiknya.

Namun, Kementerian Pertahanan Rusia membantah bahwa pesawat itu melakukan kontak. Mereka mengatakan bahwa pesawat tak berawak AS masuk ke dalam air sebagai akibat dari "manuver tajam" dan menyebut pesawat itu terbang dengan transponder yang dimatikan.

"Pesawat-pesawat tempur Rusia tidak menggunakan senjata di dalam pesawat, tidak bersentuhan dengan UAV, dan kembali dengan selamat ke pangkalan udara mereka," jelas kementerian itu.

Pentagon menolak untuk mengatakan apakah mereka akan mencoba untuk memulihkan puing-puing MQ-9, tetapi mencatat bahwa Rusia belum melakukannya.

"Sepengetahuan saya pada saat ini, Rusia belum menemukan pesawat itu," sebut juru bicara Pentagon, Brigadir Jenderal Patrick Ryder.

Pentagon tidak mengatakan apakah pesawat tak berawak itu dipersenjatai, di mana tepatnya pesawat itu terbang, atau memberikan rincian tentang misinya, selain mengatakan bahwa pesawat itu melakukan kegiatan intelijen, pengawasan dan pengintaian.

Diketahui, Laut Hitam terletak di antara Eropa dan Asia dan berbatasan dengan beberapa negara, termasuk Ukraina. Kementerian Rusia mengatakan bahwa pesawat tak berawak tersebut terdeteksi di atas laut dekat semenanjung Krimea, yang dianeksasi Moskow dari Ukraina pada tahun 2014.

Adapun Drone MQ-9, yang dibuat oleh General Atomics, memiliki lebar sayap 66 kaki (20 meter) dan panjang sekitar 36 kaki (11 meter). Drone ini memiliki berat sekitar 4.900 pon (2.220 kg) saat kosong.