Jokowi Unggah Poster Hari Perempuan Internasional, Ada Profesi Wanita Dulunya Tabu Kini Digeluti Seperti Skateboarder
Jokowi unggah gambar profesi perempuan ada yang dahulu dianggap tabu peringati Hari Perempuan Internasional. (Twitter Jokowi)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo memperingati Hari Perempuan Internasional dengan mengunggah poster ucapan selamat. Ada gambar perempuan berprofesi sebagai atlet papan luncur atau skateboarder dalam poster itu.

Jokowi mengunggah poster itu dalam beragam akun media sosialnya tepat di Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada hari ini, Rabu 8 Maret.

Dalam unggahan itu juga, Jokowi mengatakan dunia telah terbuka terhadap kesetaraan antara perempuan dan laki-laki, termasuk dalam ranah pekerjaan. Kini tidak ada aturan tertulis ataupun tidak mengekang gender dalam memilih profesinya.

"Dunia semakin maju, teknologi kian mutakhir, digitalisasi seluruh bidang pun tak terelakkan. Perubahan itu memberi ruang yang sama dan setara di antara manusia, tak memilah pria dan wanita," tulis Jokowi dalam keterangan unggahannya di akun Twitternya, Rabu 8 Maret.

Namun, Jokowi menyampaikan keterbukaan itu sebaik mungkin diraih insan-insan perempuan nasional dengan terus memupuk ilmu. Lantaran yang akan meraih mimpi, kata Jokowi, hanya yang benar-benar mampu menunjukkan kreativitasnya.

"Hanya yang kreatif dan berani berinovasi yang akan mengambil peran dan meraih impian," kata Jokowi.

Sementara dalam poster ucapan Selamat Hari Perempuan Internasional, tergambar beragam profesi yang digeluti perempuan modern. Adapun di antaranya perawat, imuwan, guru ngaji, hingga petani modern.

Menariknya, gambar-gambar perempuan itu juga memperlihatkan prosesi yang dahulu dianggap tabu oleh banyak orang jika didalami perempuan.

Misalnya saja skateboarder, musisi, atlet angkat besi, kontraktor lapangan, foto jurnalis, pengamat bintang atau astronom hingga pengajar atau guru di tempat terpencil.