NasDem-Gerindra Sepakat Tak Berkoalisi, Paloh: Mudah-mudahan Kami Terjauhkan dari Saling Menyalahkan
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Padepokan Garuda Yaksa Hambalang, Kabupaten Bogor/ANTARA

Bagikan:

BOGOR - Pertemuan antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum NasDem Surya Paloh meghasilkan satu kesepakatan bahwa kedua partai ini memutuskan untuk tidak berkoalisi dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Dari pertemuan ini, Surya Paloh berjanji bahwa ke depan, baik NasDem maupun Gerindra tidak akan menjalankan tahapan pemilu dengan cara yang negatif.

"Kami berjanji, mudah-mudahan kami terjauhkan dari saling menyalahkan, apalagi memfitnah, mengadu domda satu sama lain. Kami mau berdamai dengan kondisi keadaan apapun untuk membangun Indonesia yang kita cintai," kata Paloh di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu, 5 Maret.

Menurut Paloh, hubungan antara NasDem yang akan mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden serta Gerindra yang bakal menjagokan Prabowo tidak surut hanya karena berbeda pilihan politik.

"Jadi, dari kedua capres, paling tidak upaya yang ingin saya maksudkan adalah upaya untuk saling menerima sebagai pertemanan yang hubungan tidak terlalu jauh satu sama lain. Batas ini sudah tercapai. Ini sudah maksimal, sudah mantap menurut saya," ucap dia.

Melanjutkan, Prabowo menjelaskan adanya pertemuan para petinggi Gerindra dan NasDem diharapkan bisa mewujudkan suasana kontestasi politik yang kondusif, rukun, dan tidak terpolarisasi.

Mereka tak ingin Pemilu 2024 terjadi seperti pemilu-pemilu sebelumnya. Kesepakatan untuk menghormati pilihan masing-masing pun menjadi solusi Gerindra dan NasDem.

"Bahwa soal koalisi, soal capres-cawapres, kita sudah sepakat akan menghormati keputusan politik masing-masing. Kita (Gerindra) akan menghormati apapun keputusan politik Pak Surya dengan NasDem. Sebagai sahabat, apapun kita hormati keputusan politik. Mereka (NasDem) pun akan hormati keputusan politik kami," urai Prabowo.

"Jadi, koalisi itu bagian dari keputusan politik, jalan yang dipilih oleh masing-masing," lanjutnya.

Hari ini, Paloh beserta jajaran pengurus DPP NasDem tiba di Hambalang sekitar pukul 11.24 WIB. Paloh disambut langsung Prabowo yang kemudian jalan bareng memasuki kediaman ruman Menteri Pertahanan itu. Tiba di salah satu area, Paloh menyempatkan diri mencuci tangannya memakai air bersih dari sebuah kendi yang disediakan.

Terdengar juga suara dari drumben kompak mengiringi kedatangan Paloh sedari ketibannya di Hambalang.

Langkah kedua pemimpin partai politik pendukung pemerintah itu juga sempat terhenti di bagian pendopo rumah. Surya mengarahkan tangannya seolah terpana dengan bagian ruangan yang megah bak di keraton tersebut.

Paloh kemudian makan bersama Prabowo di meja panjang yang telah disediakan. Saat itu, mereka bercengkrama dengan kondisi yang santai dan akrab.