Kekayaan Elon Musk Setara dengan APBN 2020, Lima Kali Lipat dari Harta Orang Paling Kaya Indonesia
Orang terkaya di dunia saat ini, CEO Tesla, Elon Musk. (Foto: Instagram @elonmusk)

Bagikan:

Jakarta – Bloomberg pada Jumat, 8 Januari, merilis data harta orang-orang paling kaya di dunia yang dirangkum dalam Bloomberg Billionaire Index. Dalam laporan tersebut terungkap bahwa Elon R. Musk berhasil berhasil menempati posisi teratas dengan torehan 195 miliar dolar AS.

Capaian ini menggusur Jeff Bezos yang sempat menempati posisi pertama selama beberapa waktu dengan taksiran kekayaan 185 miliar dolar AS.

Lantas, bagaimana perbandingan harta para taipan top Indonesia dibandingkan dengan kekayaan Elon R. Musk?

Mengutip siaran resmi Forbes Indonesia pada Kamis, 10 Desember 2020 disebutkan bahwa orang paling kaya di republik ini adalah Hartono bersaudara dengan total kekayaan mencapai 38,8 miliar dolar AS atau setara Rp547,8 triliun (kurs Rp14.100).

Bila dikomparasikan dengan Elon R. Musk, duit keluarga Hartono ‘hanya’ seperlima kekayaan orang paling tajir di planet ini, atau sekitar 20 persen saja.

Ini berarti bahwa pengusaha asal Kudus, Jawa Tengah itu harus membuat perusahaan rokok Djarum Super beserta seluruh grup usaha lima kali lebih besar dari postur yang ada saat ini. Namun itu saja belum cukup. Diperlukan kapitalisasi saham BCA lima kali lebih banyak dari yang dimiliki saat ini, yaitu 51 persen.

Artinya, paling tidak harus ada dua setengah BCA lagi yang mesti berdiri untuk bisa diambil cuannya dan menyaingi Elon R. Musk. Seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa Klan Hartono merupakan pemilik sah sekaligus pengendali usaha Djarum Grup beserta PT Bank Central Asia Tbk. (BCA).

Selanjutnya, orang kaya kedua teratas di Indonesia diduduki oleh keluarga pendiri Sinar Mas Group Eka Tjipta Widjaja. Kekayaan keluarga Sinar Mas Group ini ditaksir Forbes senilai 11,9 miliar dolar AS atau setara dengan Rp167,79 triliun.

Lagi-lagi taipan dari keluarga Widjaja ini belum mampu menyaingi Elon R. Musk dari sisi harta karena cuma mempunyai uang sekitar 6 persen dari kantong orang paling paling kaya di dunia.

Pada Posisi ketiga, ada taipan petrokimia Prajogo Pangestu dengan total kekayaan sebesar 6 miliar dolar AS atau Rp84,6 triliun. Meski kekayaan bersihnya turun 21 persen akibat melemahnya pasar petrokimia, Pragojo tetap tidak bergeser di urutan ketiga.

Bila dibandingkan dengan harta dengan Elon R. Musk sudah pasti tidak bisa mengungguli. Sebab, untuk bos yang bertengger di posisi satu dan dua saja tidak bisa mendekati apalagi melampaui.

Kemudian, posisi keempat dan kelima diduduki oleh Anthoni Salim dari Salim Group sebesar  5,9 miliar dolar AS (Rp83 triliun), dan Sri Prakash Lohia dari kelompok Indorama dengan torehan  5,6 miliar dolar AS (Rp79 triliun).

Uniknya, apabila seluruh harta kelima konglomerat ini digabungkan belum cukup untuk menguras setengah kantong Elon R. Musk karena baru berjumlah 68,2 miliar dolar AS.

Kekayaan Elon R. Musk yang diperkirakan sebesar 195 miliar dolar AS atau sekitar Rp2.500 triliun hanya bisa disaingi oleh pemerintah Indonesia. Tidak percaya?

Dalam konferensi pers realisasi APBN 2020 yang digelar pada Rabu, 6 Januari 2021, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan bahwa belanja negara selama periode tahun lalu berjumlah Rp2.589 triliun. Ini pun harus disokong oleh pembiayaan alias utang negara. Ini artinya, kekayaan Elon R. Musk setara dengan seluruh anggaran belanja Indonesia dalam satu periode APBN.