Duit Elon Musk Bisa 'Menafkahi' Indonesia 1 Tahun: Setara APBN Rp2.500 Triliun yang Dipaparkan Sri Mulyani
Elon R. Musk (Foto: Marssociety.org)

Bagikan:

JAKARTA – Pada Jumat, 8 Januari 2020, Bloomberg telah mengeluarkan laporan daftar orang paling kaya di dunia yang dirangkum dalam Bloomberg Billionaire Index.

Dari kabar yang disampaikan, tertulis Elon R. Musk berhasil berhasil menempati posisi teratas dengan torehan harta 195 miliar dolar AS. Jika dikonversi ke dalam rupiah, nilainya kurang lebih sekitar Rp2.500 triliun. Fantastis!

Kekayaan pemilik usaha mobil listrik Tesla Inc. tersebut bahkan mampu menyalip Jeff Bezos “orang kaya lama” yang biasanya bertengger di posisi puncak. Jeff pada awal tahun ini diketahui ‘hanya’ memiliki kekayaan sebesar 185 miliar dolar AS, atau lebih sedikit ketimbang yang dipunya oleh Elon.

Jeff, seorang pengusaha pemilik bos Amazon harus rela ‘diasapi’ oleh Elon setelah sebelumnya sempat menikmati predikat sebagai orang paling tajir di planet ini selama beberapa waktu.

Lalu, berapa banyak harta yang dimiliki oleh manusia paling kaya di dunia?

Melalui uang yang dimiliki, Elon sebenarnya bisa saja membeli negara kecil di Pasifik, atau pulau eksotis di Karibia. Tapi, jika ingin lebih kompleks, bos Tesla itu sebetulnya mampu membiayai Indonesia selama satu tahun penuh. Kenapa Indonesia?

Pada Rabu, 6 Januari 2020, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menggelar konferensi pers secara virtual terkait realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020. Dalam keterangannya, Menkeu menyebut pada sepanjang tahun lalu pemerintah membelanjakan uang tidak kurang dari Rp2.589 triliun.

Angka tersebut memang lebih boros ketimbang rencana awal 2020 yang sebesar Rp2.540 triliun karena harus mengakomodir dampak pandemi.

Meski demikian, realisasi sepanjang tahun lalu masih lebih irit dibandingkan dengan APBN perubahan yang diproyeksi bakal menelan biaya Rp2.739 triliun. Dengan kata lain, negara melalui Kementerian Keuangan sukses menekan biaya sekitar Rp150 triliun.

Tapi yang perlu diingat adalah sepanjang tahun lalu belanja negara juga disokong oleh pembiayaan alias utang, serta tidak sepenuhnya dicukupi dari sisi pendapatan.

Jadi apabila Indonesia diibaratkan sebagai gadis cantik, maka dipastikan hanya Elon R. Musk yang bisa menjadi sosok suami paling baik karena dapat ‘menghidupi’ negara ini selama satu tahun dengan kekayaan pribadi Rp2.500 triliun.