Tesla Milik Elon Musk Raup Pendapatan Rp150 Triliun dalam 3 Bulan, 2 Kali Lipat Harta Konglomerat Chairul Tanjung yang Sudah Berbisnis 40 Tahun
CEO sekaligus Founder Tesla Elon R. Musk berdansa di tengah panggung dalam sebuah paparan publik. (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Produsen mobil listrik Tesla Inc. mencatatkan pertumbuhan penjualan 74 persen year-on-year (y-o-y) menjadi 10,4 miliar dolar AS, atau setara Rp150,8 triliun (kurs Rp14.500) pada sepanjang kuartal I 2021.

Kinerja positif itu tidak lepas dari kemampuan Tesla dalam melakukan ekspansi pengiriman kendaraan ke berbagai penjuru dunia pada awal tahun ini berkat siasat harga yang lebih terjangkau melalui Model 3 dan Y.

Mengutip laporan yang dilansir oleh Yahoo Finance, Selasa 27 April, disebutkan bahwa perusahaan milik Elon Musk itu sukses mendistribusikan 184.800 unit ke berbagai pemesan hanya dalam kurun waktu tiga bulan pertama 2021. Alhasil, prestasi Tesla bak anomali di saat produsen kendaraan listrik lainnya cukup tertekan akibat kondisi pandemi.

Bahkan dalam sebuah surat kepada pemegang saham, dewan eksekutif Tesla membidik pertumbuhan bisnis hingga 50 persen pada tahun ini. Sebagai pengingat, pada 2020 Tesla bisa memasarkan hingga 500.000 unit mobil listrik ke seluruh dunia.

“Pertumbuhan menjadi lebih cepat dari perkiraan kami sebelumnya. Kemampuan kami mengikuti pertumbuhan ini adalah bagaimana kami bisa melakukan peningkatan kapasitas produksi, efisiensi, dan rantai pasok,” kata Tesla dalam satu laporan belum lama ini.

Harta Chairul Tanjung

Guna membandingkan seberapa besar nilai penjualan Tesla pada trimester pertama 2021, maka analogi yang dapat digunakan adalah harta yang dimiliki oleh konglomerat Chairul Tanjung.

Bos CT Corp itu disebut Forbes memiliki kekayaan tidak kurang dari 4,8 miliar dolar AS atau sekitar Rp70 triliun.

Artinya, penjualan mobil listrik Tesla dalam tiga bulan yang sebesar Rp150 triliun setara dengan dua kali lipat keseluruhan harta Chairul Tanjung yang dia kumpulkan selama 40 tahun berkegiatan bisnis. Padahal, Chairul Tanjung sendiri tercatat merupakan orang terkaya ke-5 di Indonesia

Oleh sebab itu jangan heran jika CEO sekaligus Founder Tesla Elon R. Musk sering menduduki peringkat teratas daftar orang terkaya di seantero bumi. Dirinya kerap kali bergantian menempati posisi puncak dengan CEO Amazon Jeff Bezos dalam urutan manusia paling tajir di dunia.

Ada hal menarik dari perusahaan yang dipimpin oleh Musk dan Bezos: keduanya main di ranah teknologi! Jadi, ucapkan selamat datang untuk masa depan yang hadir hari ini.