Tesla Dulang Untung, Elon Musk Makin Tajir Melintir
Elon Musk (Sumber: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - CEO Tesla, Elon Musk diramalkan bakal makin tajir. Pasalnya berdasarkan penaksiran laporan keuangan Tesla total pendapatan Musk naik sebesar 3 miliar dolar AS atau setara Rp44 triliun. Artinya Musk bisa membeli 118 mobil sport Lamborghini seri Aventador J seharga Rp37 miliar. 

Melansir Reuters, 7 Oktober, produsen mobil listrik itu mencatat nilai sahamnya telah mencapai 250 miliar dolar AS. Meski saham Tesla sempat disinyalir turun 0,8 persen pada Selasa kemarin, namun kapitalisasi pasar rata-rata naik dalam enam bulan terakhir. 

Untuk itu, setiap tahap dapat memberi opsi bagi Musk untuk membeli 8,44 juta saham Tesla dengan harga 70 dolar AS per saham. Harga itu sekitar seperenam dari harga saat ini. Jikalau dirincikan, maka dengan harga saham Tesla saat ini sebesar 420 dolar AS.

Itupun ditambah tiga tahap lainnya yang diberikan dalam beberapa bulan terakhir, dengan keuntungan gabungan sebesar 11,8 miliar dolar, atau hampir 3 miliar par tahap. Kelak, jika ditotal tahap pertama saham Musk dapat mencapai sekitar 700 juta dolar dalam bulan Mei. 

Artinya, gaji sang miliarder dari Silicon Valley ini dapat melebihi seluruh eksekutif perusahaan di AS. Ini menjadi kontroversial ketika disetujui oleh pemegang saham. Kompensasi median untuk karyawan Tesla tahun lalu adalah sekitar 58.000 dolar AS, menurut proposal perusahaan.

Laporan kenaikan pendapatan Elon Musk (dok. Refinitiv Datastream)

Sebelumnya, saham Tesla telah melonjak sebanyak 400 persen pada tahun 2020. Musababnya karena penjualan sedan Model 3 meroket, yang mampu memberikan nilai di pasar saham hampir 400 miliar dolar. 

Bahkan, pada pekan lalu Tesla mengungkapkan telah mengirimkan 139.300 kendaraan pada kuartal ketiga. Maka dari itu, investor kini menunggu laporan keuangan kuartalan perusahaan.